PENGARUH LIKUIDITAS, AKTIVITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1187Keywords:
Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Return Saham.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Return Saham pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder dengan teknik dokumentasi yang diperoleh melalui situs www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2018 sebanyak 42 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu, kemudian uji t dan uji F dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Likuiditas berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Return Saham, Aktivitas berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Return Saham, Solvabilitas berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Return saham dan Profitabilitas berpengaruh negatif secara parsial dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil uji F juga menunjukkanbahwa Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas dan Profitabilitas berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Return Saham.Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /opt/lampp/htdocs/ojs/plugins/generic/usageStats/UsageStatsPlugin.inc.php on line 788
Downloads
References
Arista, desy dan Astohar. 2012. AnalisisFaktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham( Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publicdi BEI periodetahun 2005-2009). JurnalIlmuManagemen dan AkuntansiTerapan, vol. 3, No. 1, Mei 2012.
Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasarManajemenKeuangan. Edisi ke-11. Jakarta: SalembaEmpat.
Dewi, P.E.D Marvilianti 2016. PengaruhRasioLikuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Aktivitas dan Penilaian Pasar terhadap Return Saham. JurnalIlmiahAkuntansi, vol.1, No.2, Hal: 109-132.
Dharmastuti,Fara.2004. AnalisisPengaruh EPS, PER, ROI, Debt to Equity dan Net Profit Margin dalamMenetapkanHarga Pasar Saham Perdana (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ),JurnalPenelitianBalance,September,Vol 1,No 2.
Farkhan dan Ika. 2013. PengaruhRasioKeuanganTerhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (StudiKasus pada Perusahaan ManufakturSektor Food and Beverages). JurnalUnimus, Volume 9 Nomor 1.
Ghozali, Imam. 2018. AplikasiAnalisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi kesembilan. Universitas Diponegoro.
Jogiyanto, H.M,2003, TeoriPortofolio dan AnalisisInvestasi, Edisi2,Yogyakarta : BPFE UGM.
Kasmir. 2010. PengantarManajemenKeuangan. Edisipertama. Cetakan ke-2. Jakarta :Kencana.
Ristyawan, M.R. 2019. Pengaruh Return On Equity (ROE), Debt to Assets Ratio (DAR), Price to Book Value ( PBV) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Sahamperusahaansektor Perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011- 2017. JurnalEkonomi dan Kewirausahaan (JEBIK), Vol.8, No.1, Halaman 1-17.
Sartono, R. Agus. 2008. ManajemenKeuangan, EdisiKeempat, Yogyakarta: BPFE-UGM.
Sugiyono. 2015. MetodePenelitianpendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif dan R&D).Cetakan ke-22. Bandung : CV Alfabeta.2015. StatistikauntukPenelitian.Cetakan ke-26. Bandung : CV Alfabeta.
Susilowati, Yeye danTuryanto, Tri. 2011. Reaksi Signal RasioProfitabilitas dan RasioSolvabilitasterhadap Return saham Perusahaan. DinamikaKeuangan dan Perbankan, Mei 2011, Hal:17-37.
Sutrisno. 2009. ManajemenKeuanganTeori,Konsep dan Aplikasi, EdisiPertama, CetakanKetujuh, Yokyakarta: PenerbitEkonisiaKampusFakultasEkonomi.
Tumanggor, Mutiara, Sri Murni dan Paulina Van Rate. 2017. AnalisisPengaruh Current Ratio, Return on Equity, Debt to Equity Ratio dan Growth terhadap Return Saham pada Cosmetics and Household Industry yang terdaftar di BEI periode 2010-2016. JurnalEMBA,vol.5 No.2, 2017: 2203-2210.