ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KARYAWAN PADA PT. KARYA SWADAYA ABADI (KARSA) MEDAN

Authors

  • Betniar Purba FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Keywords:

loyalitas karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi loyalitas karyawan PT. Karya Swadaya Abadi (Karsa) Medan, Jumlah sampel sebanyak 70 responden. Jenis data yang digunakan data primer dan sekunder, dan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, metode analisis data digunakan analisis faktor. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh angka KMO Measure of Sampling Adeguacy (MSA) sebesar 0,851 dengan tingkat signifikansi 0,000, Oleh karena nilai KMO diatas 0,50 dan signifikan pada 1 persen, maka data cukup layak untuk dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan analisis faktor. . Scree plot menampakkan grafik, di mana dari faktor 1 ke faktor 2 (garis sumber component number = 1 ke 2), arah garis menurun dengan cukup tajam. Kemudian dari angka 2 sampai angka 3, garis masih menurun dengan slope yang semakin kecil. Faktor keempat sudah berada di bawah angka dari sumbu Y (eigenvalues). Hal ini menunjukkan bahwa tiga faktor paling bagus untuk meringkas keempat belas faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan pada PT. Karya Swadaya Abadi (Karsa) Medan. Faktor yang dominan mempengaruhi loyalitas karyawan PT. Karya Swadaya Abadi (Karsa) Medan dengan nilai korelasi lebih besar dari 0,80 terdiri dari: insentif (0,823), status (0,821), dan promosi jabatan 0,813). Adapun saran yang diberikan sebagai bahan pertimbangan kepada pimpinan perusahaan adalah untuk meningkatkan loyalitas karyawan, sebaiknya perusahaan mengangkat karyawan kontrak yang berprestasi terbaik menjadi karyawan tetap. Sebaiknya, perusahaan mempertahankan pemberian insentif kepada karyawan yang berprestasi untuk meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Author Biography

Betniar Purba, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Armansyah, 2002. Loyalitas Karyawan dan Imbalan Finansial, Jurnal Ilmiah “Manajemen & Bisnis†Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kelima, Jakarta : Rineka Cipta.

Djodiismanto, 2007. Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan, http://djodiismanto. blogspot.com.

Hair, Joseph F. Jr., Rolph E. Anderson, Ronald L. Tatham, & William C. Black. 2000, Multi-variate Data Analysis With Readings. Fourth Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hasibuan, Malayu, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Keenam, Jakarta : Bumi Aksara.

I Ketut Andy Hermawan dan I Gede Riana (2012), Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Loyalitas Karyawan Pada Inti Buana Permai Denpasar Bali, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali Indonesia.

Januarti, Indira dan Bunyaanudin, Ashari, 2006. Pengaruh Loyalitas Karyawan dan Keterlibatan Kerja Terhadap hubungan antara Etika Kerja Islam Dengan Sikap Terhadap Perubahan Organisasi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, E-mail: indira_ppa@yahoo.com.

Mathis, Robert L dan Jackson John H. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku 2, Terjemahan: Sadeli dan Prawira Hie, Jakarta: Salemba Empat.

Pramesti, Y.I. 2009. Faktor-faktor yang mempengarui Loyalitas Karyawan Pada Unilever Indonesia. Skripsi: Universitas Indonesia.

Rukmi Martiwi, Triyono dan Ahmad Mardalis, 2012, Faktor-Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Karyawan, Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Muhamadiyah Surakarta, Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Suatu daya Vol. 13 N0.1 Juni 2012.

Santono, Singgih dan Tjiptono, Fandy, 2001. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Alex Media Komputindo.

Setiawati, Devi dan Zulkaida, Anita, 2007. Perbedaan Loyalitas Kerja Berdasarkan Orientasi Peran Gender Pada Karyawan di Bidang Non Tradisional, Jurnal: Proccesing PESAT, Vol. 2. ISSN 1858-2559.

Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi.

Spector, Paul E. 2000. Industrial and Organizational Psychology: Research and Practice, Second Edition, New York: Jhon Wiley and Sons Inc.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan Keenam, Bandung: Alfabeta

Published

2017-12-27

Issue

Section

Artikel