KEPUTUSAN MENGINAP BERDASARKAN IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT DI HOTEL GOODRICH SUITES

Authors

  • Antonia Rita Amalia Universitas Katolik Darma Cendika
  • Maria Widyastuti Universitas Katolik Darma Cendika
  • Wendy Shelma Santika Universitas Katolik Darma Cendika
  • Jeffrey Aditya Universitas Katolik Darma Cendika

Keywords:

Iklan, Hubungan Masyarakat, Promosi Penjualan

Abstract

Persaingan antar industri perhotelan di Jakarta sangat ketat. Hal ini disebabkan olehpendirian hotel baru dan bentuk akomodasi lainnya selama dekade terakhir. Hotel GoodrichSuites Jakarta merupakan hotel bintang 5 yang benar-benar menghadapi persaingan ketat ini,karena dekat dengan banyak hotel bintang empat dan lima. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh variabel independen yaitu periklanan, promosi, dan hubunganmasyarakat terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Goodrich Suites. Populasi padapenelitian adalah tamu yang menginap di Hotel Goodrich Suites dan sampel yang digunakansebanyak 75 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data dikatakan semua item pernyataandinyatakan valid dan semua variabel dinyatakan reliabel, serta uji asumsi klasik terpenuhi.Berdasarkan hasil uji t dapat dikatakan iklan tidak berpengaruh terhadap keputusanmenginap tamu di Hotel Goodrich Suites, sedangkan promosi dan hubungan masyarakatberpengaruh signifikan terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Goodrich Suites

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahungwa, A.I. (2018). Effect of Sales Promotion on Consumer Buying Behavior A Case Study

of Nestle Nigeria. Plc´ BSc Project, Departement of Business Administrattion, Veritas

University Abuja, Nigeria.

Ali, H., & Aan, W. (2022). Determinasi Komunikasi Pemasaran : Analisis Iklan, Personal Selling dan Public Relation. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosioal, 3(2).

Annishia, F.B., dan E. Prastiyo. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality danPariwisata. 4(1).

Darmawan, S. A., & Abdurrahman, M. S. (2020). Pengaruh Public Relations Terhadap Keputusan Pembelian Lion Air Di Kalangan Mahasiswa Bandung Raya (Studi Kuantitatif Deskriptif Kecelakaan Pesawat Lion Air JT-610). Proceedings of Management, 7(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hidayati, L. (2020). Aktivitas Public Relations Karibia Boutique Hotel Medan. Skripsi

Honggoriansyah, D., Karo, P. K., & Permatasari, M. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hotel Berbintang Tiga di Kota Palembang. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 4(2)

Iskandar, D., Irham, M. I., & Arif, M. (2021). Analisis Keputusan Menginap Konsumen Berbasis Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Studi Pada Garuda Plaza Hotel Medan Dalam Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding SeminarNasional Kewirausahaan. 2(1)

Kristanto, V. D., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di The Win Hotel Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 8,(2)

Marlina, (2017). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek The Pucuk Harum Terhadap Persepsi Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN).

Pratama, A. N ., & Kristina, A. H. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi pada pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Semarang). Jurnal Mirai Manajemen. 7 (1)

Putra, W. Y . S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Wisatawan Pada Pondok Wisata T House Ubud di Kabupaten Gianyar

Rahman, B. (2022). Pengaruh Perikalanan, Lokasi, Dan Fasilitas Fisik Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Grand Antares Medan. Jurnal Creative Agung. 12 (2).

Sanjaya, A.B. (2022). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, dan Desain Interior Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Latansa Bengkulu. Jurnal Enterepreneur dan Manajemen Sains. 3(2).

Santia, A., Maya, R., & Suyatni. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Golden View Batam. Post Graduate Management Journal. 2(1)

Santosa, S., & Maulana, R. (2020). Pengaruh Iklan di TravelokaTerhadap Keputusan Menginap pada HOTEL GUMILANG REGENCY. Pro Mark, 10(2).

Sari, D. N., Gusti, N., & Anaswati. (2018). Pengaruh Public Relation dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. 10 (1)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

________. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

________.(2019). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke Tujuh Belas. Bandung: Alfabeta

Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukeri, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management, 4(4).

V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi,71

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Amalia, A. R., Widyastuti, M. ., Santika, W. S. ., & Aditya, J. (2023). KEPUTUSAN MENGINAP BERDASARKAN IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT DI HOTEL GOODRICH SUITES. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 452–459. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi/article/view/2903

Issue

Section

Artikel