PENERAPAN THEORY OF REASONED ACTION DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL TOYOTA AVANZA VELOZ PADA PT. PUTERA AUTO PERKASA MEDAN

Authors

  • Sepdi P Ginting FE Unika Santo Thomas
  • Sahat Simbolon FE Unika Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jmb.v13i2.81

Keywords:

Theory of Reasoned Action dan Perilaku Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan theory of reasoned action dalam memprediksi perilaku konsumen untuk membeli mobil Toyota Avanza Veloz pada PT. Putera Auto Perkasa Medan. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan yang membeli mobil Toyota Avanza Veloz pada PT. Putera Auto Perkasa Medan sebanyak 251 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 72 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari hasil pembahasan ditemukan bahwa perilaku konsumen untuk membeli mobil Toyota Avanza Veloz lebih besar dipengaruhi oleh sikap konsumen sebesar 54,98 persen dari pada norma subjektif 45,02 persen. Saran yang diberikan sebagai bahan pertimbangan kepada pimpinan perusahaan adalah sebaiknya perusahaan memperhatikan dan menambah atribut-atribut yang dipentingkan oleh konsumen untuk membeli mobil Toyota Avanza Veloz, menambah bonus kepada tenaga pemasar dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan lama, agar mereka dapat mempengaruhi anggota keluarganya untuk membeli mobil yang ditawarkan.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /opt/lampp/htdocs/ojs/plugins/generic/usageStats/UsageStatsPlugin.inc.php on line 788

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sepdi P Ginting, FE Unika Santo Thomas

Dosen

Sahat Simbolon, FE Unika Santo Thomas SU

Dosen

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis, 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ginting, Nembah F. Hartimbul, 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Bandung: Yrama Widya.

Kristanto, Paulus Lilik, 2011. Psikologi Pemasaran. Cetakan Pertama, Jakarta: Caps.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. Jili Satu, Alih bahasa: Bob Sabran, Edisi Ketigabelas, Jakarta: Erlangga.

Marhaini. 2008. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara), Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 1, Nomor 3, September 2008.

Peter, Paul J dan Olson, Jerry C. 2006. Costumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, Nugroho J., 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Cetakan Kedua, Jakarta: Kencana.

Sigit, Murwanto. 2008. Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Close Up. JSB Vol. 11 No. 1, APRIL 2006. ISSN: 0853 – 7665.

Subroto, Buarto, 2011. Pemasaran Industri. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Andi.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam, Bandung: Alfabeta.

Sutisna, 2005. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Jakarta: Rosda.

Umar, Husein, 2001. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta: BPFE.

Published

2017-12-13

How to Cite

Ginting, S. P., & Simbolon, S. (2017). PENERAPAN THEORY OF REASONED ACTION DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL TOYOTA AVANZA VELOZ PADA PT. PUTERA AUTO PERKASA MEDAN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(2), 96–110. https://doi.org/10.54367/jmb.v13i2.81

Issue

Section

Artikel