PEMENUHAN HAK KONSUMEN ATAS KENYAMANAN, KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENUMPANG JASA ANGKUTAN KOTA MEDAN

Authors

  • Asteria Sutra Sari Sarumaha Fakultas Hukum, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Janus Sidabalok Fakultas Hukum, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

angkutan kota, pemenuhan hak, konsumen, keamanan, kenyamanan, keselamatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak konsumen atas keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang pada jasa angkutan kota  dihubungkan dengan UU Perlindungan Konsumen, dan hambatan yang dihadapi dalam pemenuhan hak konsumen tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif-empiris yang membutuhkan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan survey dengan Pimpinan Koperasi Pengangkutan Umum Medan beserta masyarakat pengguna jasa angkutan umum Trayek 06, 46 dan 65 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak konsumen atas keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang belum terpenuhi, akibat  kondisi fisik serta perilaku supir yang dapat membahayakan penumpang. Hambatan yang dihadapi pihak managemen dalam pemenuhan hak konsumen atas keamanan, kenyamanan serta keselamatan penumpang yaiu tidak  tidak memiliki akses langsung kepada pihak pelaku usaha angkutan umum dalam mengoperasikan usaha angkutannya.

References

Arsyad, Nada, dkk “Analisa Kelayakan Investasi Angkutan Umum (Angkot) Kota Pariaman” Jurnal Rekayasa Sipil Volume 12 Nomor 02 (Oktober 2016).

Butarbutar, Elisabeth Nurhaini Metode Penelitian Hukum. Langkah-langkah untuk Menemukan Kebenaran dalam Ilmu Hukum, Cetakan Pertama, (Bandung : PT Refika Aditama), 2018.

Lestari, Fera, Ahmad Ari Aldino “Pemilihan Moda dan Prefensi Angkutan Umum perlindungan terhadap perempuan” Jurnal Rancang Bangun Volume No. 6 (Oktober 2020)

Nasution, Zaina Fikri, dkk “Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Penumpang Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Kota Medan” Jurnal Ilmiah Penegak Hukum Volume 4 Nomor 01 (Juni 2017)

Soekanto, Soerjono, Pengantar Peneliti Hukum, Cetakan ke-3 (Jakarta : Universitas Indonesia), 2014.

Tamin, Ofyar Z, dkk “Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis” Jurnal Rekayasa Transportasi Volume 1, Nomor 2 (Desember 1999).

Yudianto, Eldi dkk “Peran Kepolisian Republik Indonesia Dalam Sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan” Jurnal Studi pada Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara Volume 03 Nomor 01 (2010).

http://id.im.wikipedia.org./wiki/Peran_angkutan_terhadap_ekonomi. Diakses pada hari selasa 10 Oktober 2022 pukul 17:15 WIB

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Transportasi. Diakses pada hari selasa 10 Oktober 2022 pukul 17:30 WIB

https://id.wikipedia.org/wiki/Angkutan_kota diakses pada hari selasa, 24 januari 2023, pukul 20.10 WIB

https://yankes.kemkes.go.id/ /bahaya-perokok-pasif diakses pada hari rabu 14 juni 2023, pukul 20.10 WIB

Downloads

Published

2023-11-04

Issue

Section

Articles