PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Evelin Silalahi FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • VHANNY SIHOTANG FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI di tahun 2017-2019. Sampel pada penelitian ini didapatkan dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel 39 perusahaan, dengan periode penelitian 3 tahun sehingga jumlah seluruhnya 117. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t), (1)struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,827 (2) pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,048 dan (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikan 0,000. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Author Biographies

Evelin Silalahi, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

VHANNY SIHOTANG, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi

References

Brigham, E.F. dan J. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan Buku II. Jakarta: Erlangga.

Eka Lestari, Putu. 2010. Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Indriyani, Eka. 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Ilmu Akuntansi, 10(2), 333-348.

Mardiyati, Umi dan Ria Putri. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Riset Manajemen Sains indonesia, 3(1), 1-17.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Interen dan Faktor Eksteren Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 9, No.1.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. 2017. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan,

Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan

Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248– 1277.

Suwito dan Herawaty. 2005. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham di BEI. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.5, No.1.

Wijaya, B. I. Dan Panji. 2015. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Deviden dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). Jurnal Manajemen. Vol.4, No.12.

Safrida, Eli. 2008. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Thesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Salvatore, Dominick. 2005. Ekonomi Manajerial. Buku II. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2021-09-10

Issue

Section

Artikel