PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KSP (CU) MAJU BERSAMA KASIKAN, TAPUNG HULU, KABUPATEN KAMPAR, RIAU
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrak.v7i2.1382Keywords:
Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara customer value dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun serentak pada KSP (CU) Maju Bersama Kasikan, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Populasi penelitian ini adalah pengguna jasa KSP (CU) Maju Bersama Kasikan, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau dengan total sampel 97 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari hasil tes adalah Y = 9.708 + 0.223 (X1) + 0,119 (X2) + ei, yang berarti bahwa nilai pelanggan simultan dan kualitas layanan memiliki efek positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa KSP (CU) Maju Bersama K, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Namun, variabel nilai pelanggan adalah variabel yang paling tidak terpengaruh pada loyalitas pelanggan pengguna jasa KSP (CU) Maju Bersama Kasikan, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. R square sebesar 0.782, yang berarti bahwa variasi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh nilai pelanggan dan kualitas layanan sebesar 78,2% dan 21,8% sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dan diskusi, KSP (CU) Maju Bersama Kasikan, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau harus lebih mengembangkan dan menjaga nilai pelanggan serta kualitas layanan, sehingga karyawan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.References
Abdurrahman, N. H, 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia. Bandung Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek..PT. Rineka Cipta. Jakarta : Buchari Alma. 2007, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta. Bandung Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.
Fandi Tjiptono, 2002, Manajemen Jasa, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Ghozali, Iman. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Hair , Carl, Mc.Daniel, 2001, Pemasaran. Edisi Pertama, Salemban Empat, Jakarta
Hurriyati, Ratih 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta. Bandung
Husein Umar, 2003, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Gramedia Pertama.Jakarta.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya..Mandar Maju. Bandung.
Jogiyanto H. M. 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua, Yogyakarta
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1,Edisi Kedelapan, Erlangga.Jakarta
Lovelock. Christoper. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa, Kelompok Gramedia Indeks, Indonesia.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta..
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat.Jakarta
Moenir, H,A,S, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Andi. Yogyakarta.
Siswanto, H. B 2009, Pengantar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Mitra Wacana Media. , Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 2003, Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit: Liberty. Yogyakarta.
Sheth. Jagdish, & Mittal Banwari. 2004. Comsumer Behavior: A Manajerial Perspective, Edisi Kedua. Thompson South Western. USA.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, V, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta
Yazid. 2008. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi. Ekonosia. Yogyakarta Zeithaml, Valarie A and Bitner, MJ. 2003. Service Marketing. Tata McGraw-Hill.
JURNAL
Irawan, Richi. 2017 Pengaruh Kualitas Layanan dan Nilai Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI KK Unisma Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Vol. 06 No 3 Agustus 2017.
Nanang Tasunar. 2006. Kualitas Pelayanan sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemak, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V, No 1 Mei 2006, h. 41-62