PENGARUH PENCITRAAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PROVINSI SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrak.v1i1.160Keywords:
Pencitraan, Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat MahasiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencitraan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang didasarkan atas survey terhadap objek penelitian untuk menggambarkan suatu fenomena berkaitan dengan populasi penelitian atau estimasi proporsi populasi yang mempunyai karakteristik tertentu .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3(tiga) SMU yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Pemilihan sampel data dilakukan secara purposive sampling, yaitu seleksi data yang didasarkan pada kriteria tertentu atau judgement sampling. Sampel penelitian dipilih 10(sepuluh) SMU yang dianggap repsentatif dan yang diteliti hanya siswa kelas 3(tiga) dengan perincian dipilih 30 siswa dari masing – masing SMU yang terpilih sebagai obyek penelitian, maka jumlah sampel sebanyak 300 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Wawancara (Interview), Koesioner (Questionaire) dan Studi Dokumentasi. Metode analisis dengan regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik yaitu : uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas kemudian di uji dengan uji F dan uji t untuk melihat pengaruh Pencitraan, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Sumatera Utara.References
Eko Indrajit.2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta :
Penerbit Andi.
Chrisdiawan Satriyo Nugroho, 2010, Analisis Pengaruh Pencitraan,
Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kuliah di Diploma
III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang
Cooper, Donald R. and Pamela S.Schindler, 2003, Business Research
Methods, Eighth Edition, McGraw-Hill, Inc. New York.
Dharmmesta, B. S. (1997), Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku
Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
David Loudon dan Albert J.Della Bitta.1993.Consumer Behaviour Concept
and Application, Penerbit Mc Grow Hill Book. Co
Erna Ferrinadewi dan S. Pantja Djati. 2004. “Upaya Mencapai Loyalitas
Konsumen Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia†. Jurnal
Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 15 – 26
Engel, J.F., R.D. Blackweel and P.W. Miniard, (1995), Perilaku
Konsumen, jilid 1. Edisi ke enam, terjemahan oleh Budiyanto,
Binarupa Aksara, Jakarta.
Fandy Tjiptono. 1999. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Lamb, Charles W; Hair, Joseph F., McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran.
Buku 1, Alih Bahasa: David Octarevia, Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,
Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Buku 1, Alih Bahasa:
Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philips dan Armstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid
, Alih Bahasa : Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jakart:
Indeks.
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian
Bisnis Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Gajahmada
Parasuraman, A., Valerie A. Zeithaml, dan Leonard L. Berry (1988), “A
Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception on Future
Researchâ€, Journal of Marketing, Vol. 49/1.
Peter, Paul J dan Olson, Jerry C. 2000. Costumer Behavior: Perilaku
Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa: Damos Sihombing.
Jakarta: Erlangga.
Reinartz Werner, et al. 2004. “The Customer Relatinship management
Process : It’s measurement and Impact on Performanceâ€. Journal of
Marketing Research . Vol. XLI, P 293-305.
Santoso, Singgih. 2000. SPSS Statistik Parametrik, Jakarta : PT Elex
Media Computindo.
Schiffman, Leon G. dan Lestie L. Kanuk, 2004. Consumer Behavior, Fifth
Edition, Prentice Hall Inc, Ney Jersey
Sugiyono, 2002. Metode Penelitian, Cetakan Keenam, Bandung: Alfabeta.
Sutisna, 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi
Pertama, Jakarta : Rosda.