PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) MANDIRI CABANG MEDAN (Studi Kasus : Pelanggan Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan)

Authors

  • Peran Simanihuruk FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v1i1.161

Keywords:

Persepsi Kualitas, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh persepsi kualitas dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan. Manfaat penelitian, memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel yang dapat mempengaruhi persepsi kualitas dan loyalitas pelanggan. Jumlah sampel 96 nasabah, metode pengumpulan data melalui koesioner dan dokumentasi, metode analisis data digunakan regresi linier dan berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, variabel reputasi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, variabel persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel harga dan reputasi perusahaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap persepsi kualitas dan variabel persepsi kualitas dan kepuasan Pelanggan mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya pihak Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan memperhatikan variabel harga yang terkait dengan konsumen sasaran maupun pesaing, variabel reputasi perusahaan yang terkait dengan pengalaman perusahaan, kompetensi perusahaan dan keunggulan perusahaan, variabel persepsi kualitas yang terkait dengan keandalan (Reliability), ketanggapan (Responsiveness), keyakinan (Assurance), empati (Empathy) dan Tangibles. variabel kepuasan pelanggan supaya tetap dipertahankan yang terkait dengan kesesuaian harapan , persepsi kinerja dan penilaian pelanggan dan mempertahankan variabel loyalitas pelanggan yang terkait dengan Repeat Purchase, Retention dan Referalls.

Author Biography

Peran Simanihuruk, FE, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Aaker, David A. (1997), Should You Take Your Brand to Where the action

is, Harvard Business Review, Vol. 75, Sept/Oct, p.135-143.

Anderson, Eugene W., Claes Fornell, dan Donald R. Lehmann (1994),

“Customer Satisfaction, Market Share, and Profitabiliy : Finding

from Swedenâ€, Journal of Marketing, Vol. 58, p.53-66.

Chapman, Joe dan Russ Wahlers (1999), “A Revision and Empirical Test

of the Extended Price-Perceived Quality Modelâ€, Journal of

Marketing, p.53- 64.

Cobb-Walgren, Cathy, Cynthia A. Ruble, dan Naveen Donthu (1995),

“Brand Equity, Brand Preference and Purchase Intentâ€, Journal of

Advertising, 24 (3), p.25-40.

Diana Puspitasari 2006, Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas dan

Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada

Maskapai Penerbangan Garuda Keberangkatan Semarang), Program

Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang

Fornell, Claes (1992), “A National Customer Satisfaction Barometer : The

Swedish Experienceâ€, Journal of Marketing, Vol. 56, Jan, p.6-21.

Hawkins, Del I., Roger J. Best, dan Kenneth A. Coney (1998), Consumer

Behavior :Building Marketing Strategy, Irwin/McGraw-Hill.

Hellier, Phillip K., Gus M. Geursen, Rodney A. Carr, dan John A. Rickard

(2003), “Customer Repurchase Intention : A General Structural

Equation Modelâ€, European Journal of Marketing, Vol. 37/11,

p.1762-1800.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid

, Alih Bahasa: Damos Sihombing, Edisi Kedelapan, Jakarta :

Erlangga.

Li, Chieh-Lu dan Joohyun Lee (2001), “Dimensions of Service and Their

Influence on Intention to Repurchaseâ€, Department of Leisure

Studies Penn State University.

Parasuraman, A., Valerie A. Zeithaml, dan Leonard L. Berry (1988), “A

Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception on Future

Researchâ€, Journal of Marketing, Vol. 49/1.

Söderlund, Magnus dan Mats Vilgon (1999), “Customer Satisfaction and

Links to Customer Profitability : an Empirical Examination of the

Association Between Attitudes and Behaviorâ€, Working Paper

Series in Business Administration, No. 1.

Published

2015-04-22

How to Cite

Simanihuruk, P. (2015). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) MANDIRI CABANG MEDAN (Studi Kasus : Pelanggan Koperasi Kredit (Credit Union) Mandiri Cabang Medan). Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 1(1), 73–97. https://doi.org/10.54367/jrak.v1i1.161

Issue

Section

Artikel