FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMBERIAN SUKU BUNGA KEPADA NASABAH DAN DEBITUR PADA PT. BANK X DI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrak.v8i1.1751Keywords:
Kontrak Efisien, KreditAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efisien kontrak dalam pemberian kredit khususnya pada PT. Bank X. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah, pertama, apa yang mendasari pemberian kredit PT. Bank X kepada nasabah, analisis kedua laporan keuangan yang digunakan oleh PT. Bank X, dan ketiga sistem pemberian dan pengawasan kredit yang seharusnya diterapkan oleh PT. Bank X. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mempelajari objek-objek ilmiah. Implikasi akademis dari makalah ini adalah adanya pemahaman teoritis mengenai kontak yang efisien dalam memberikan kredit kepada nasabah. Sementara itu, implikasi praktis dari jurnal ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha, khususnya industri jasa perbankan dalam hal efisiensi kontrak dan pemberian kredit.References
Al Haryono Jusup. (2005). Dasar-Dasar Akuntansi, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta .
Boediono. 2014. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu - No. 5 Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE
Brigham, E. F., dan J. F. Houston. (2001). Manajemen Keuangan. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Dendawijaya, Lukman. (2001). Manajemen Perbankan. Jakarat : Ghalia Indonesia.
Holthausen, R.W., (1990). Opportunistic Behavior, Efficient Contracting, and Information
Perspectives. Journal of Accounting and Economics 12, 207-218
Ismail. (2010). Majanemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
James C Van Horne.(2010). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan.
Judisseno, Rimsky K. 2002. Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Karl and Fair, 2001, Pembayaran Bunga Tahunan dari Suatu Pinjaman dalam Bentuk Presentase
dari Pinjaman yang Diperoleh, Jurnal Manajemen Perbankan, Edisi Juni, Volume XI, No.2, hal ,YKPN, Yogyakarta.
Kasmir. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler dan Amstrong. (2003). Manajemen Pemasaran. Penerbit PT. Prehalindo. Yogyakarta.
Mishkin, Frederic S. (2008). Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Novianto, A.S, & D. Hadiwidjojo. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Penghimpun Deposito Mudharabah Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11 (4),595-604.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukrisno Agoes. (2004). Pengertian Auditing, Edisi Pertama, Jakarta.
Sumarni. (2003). Keputusan Nasabah, Yogyakarta.
Sunariyah. (2013). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN.