PENGARUH PROGRAM SAMDES TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrak.v9i1.2467Keywords:
Taxpayer Compliance, SAMDES Program, Service Quality SatisfactionAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of the SAMDES program on motor vehicle tax compliance through service quality satisfaction as an intervening variable in Bantul Regency. This study uses primary data. The test equipment used in this study was WARP-PLS with 170 respondents.The sampling method used was purposive sampling with the criteria of Bantul vehicle taxpayers both male and female, taxpayers aged between 17 to 60 years, taxpayers who have motorized vehicles and are registered at the Regional Tax Service Office (KPPD) Bantul Regency . The results of the study prove that the SAMDES program has a significant positive effect on motor vehicle tax compliance, service quality satisfaction has no effect on motor vehicle tax compliance, the SAMDES program has a significant positive effect on service quality satisfaction, service quality satisfaction cannot mediate the effect of the SAMDES program on taxpayer compliance motor vehicle.References
Abdullah, Z., & Hamdiah, C. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Banda Aceh). Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 9(2), 134–143.
Andanto, O. K. (2020). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagau Variabel Mediasi.
Ardiyanti, N. P. M., & Supadmi, N. L. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Penerapan Layanan SAMSAT Kelling pada Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, 30(8), 1915–1926.
Deva, S. A., & Triyono. (2018). Pengaruh Penerapan E-filing dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Kepuasan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada KPP Pratama Surakarta). Kovergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 102–112.
Dewi, G. A. M. R., & Laksmi, K. W. (2019). Efektivitas E-SAMSAT, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Imliah Akuntansi & Bisnis, 4(1), 50–61.
Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak, dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Gianyar. Jurnal Kharisma, 3(1), 128–139.
Nafi’i, R., & Suryono, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(5), 1–14.
Oktavianingrum, D., Surya, R. T., & Apriliawati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Online E-Samsat Jabar Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kota Bandung I Pajajaran). Indonesian Accounting Research Journal, 1(2), 244–252.
Prayitna, S., & Witono, B. (2020). Pengaruh Sistem Samsat Drive Thru, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak SAMSAT Kota Surakarta), 5(1), 134–141.
Rohmah, D. N., & Herwinarni, Y. (2018). Pengaruh Norma Subjektif, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kabupaten Pemalang. PERMANA, X(1), 27–44.
Undang-Undang No 28. (2007).
Wardani, D. K., & Ambarwati, H. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Niat Wajib Pajak untuk menggunakan E-Filing. Jurnal Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Untuk Menggunakan E-Filinguhi Wajib Pajak Untuk Menggunakan e-Filing, 1(157), 1–11.
Wardani, D. K., & Juliansya, F. (2018). Pengaruh Program E-SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus SAMSAT Daerah Istimewa DIY). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika, 15(2), 79–92.