PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020
Keywords:
Production Cost, Sales Volume, Net ProfitAbstract
This study aims to analyze the effect of production costs on net profit and to examine that sales volume is a moderating variable in the relationship between production costs and net profit. The population of the study consists of textile and garment companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2016-2020 period. The sample that met the criteria includes 11 companies over a 5-year observation period, resulting in a total of 55 analysis units. The data analysis techniques used are simple regression analysis and moderated regression analysis (MRA) with an interaction approach, utilizing SPSS version 25 The hypothesis testing results indicate that production costs have a positive and significant effect on the company's profit. Additionally, the interaction test or MRA shows that sales volume, as a moderating variable, can strengthen the moderation of production costs on net profit.References
Anisa Nuzul Fitrasani. (2018). Analisis pengaruh biaya produksi, biaya operasional, dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei periode 2013-2016. Jurnal Ilmiah MEA Volume.5, No.3
Abdullah, M. W., & Syukriadi, M. (2016). Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderasi.
Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Carter.K William. (2010). Akuntansi Biaya. Buku 1. Edisi Keempat Belas, Jakarta: Salemba Empat
Daryanto. (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera Ghozali, Imam. (2018). Aplikasih analisis multivariete dengan program IBM SPSS. Edisi VIII.Semarang : Badan penerbit Universitas Diponegoro
Ginanjar, Yogi. (2020). Volume Penjualan sebagai variabel moderasi pada pengaruh laba bersih dengan biaya promosi yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi Volume XIV No.3;207
Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya -Sistem Biaya Historis. Yogyakarta : C.V Andi Offset
Hery. (2013). Akuntansi Keuangan Menengah.Yogyakarta: CAPS (Central Of Academic Publishing Service)
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Pertama). Depok:PT. Rajagrafindo Persada.
Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran, Jilid 1,Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo
Mulyadi. (2015). Akutansi Biaya (Edisi Lima). Yogyakarta : Upp Stim Ykpn.
Latifa, Neneng. (2019). Volume penjualan tidak memoderasi pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada PT Grafikaindo. Fakultas Ekonomi Institut agama negeri Surakarta
Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi, Jakarta: Erlangga
Rustami, P., Kirya, I. K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kop Bubuk Banyuatis. E-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1- 9.
Rambe, Khairul Anwar. (2017). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih PT.Arwana Citramulia Tbk. Undergraduate thesis, IAIN
Rahmanita. (2017). Pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih. Fakultas Ekonomi Institut Agama Negeri Surakarta.
Satibi, Iwan. (2013). Teknik Penulisan Skripsi Tesis Disertasi Bandung; Ceplas Sedarmayant. Bandung : Unpas
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Wulan Novialita dan Ferdiansyah. (2015). Pengaruh penjualan dan biaya produksi terhadap laba bersih: Jurnal Riset Akuntansi/Volume 12/No.1/April 202