ANALISIS DESAIN PRODUK DAN JASA
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.456Keywords:
Desain, produk, jasa, inovasi, strategiAbstract
Dasar keberadaan organisasi adalah produk (barang atau jasa) yang disajikan ke masyarakat . Pembuatan barang atau jasa harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar yang selalu berubah, pasar harus selalu menjadi fokus perhatian dalam setiap kegiatan operasi. Untuk itu dituntut kemampuan perusahaan secara terus menerus menemukan produk baru untuk didesain, dikembangkan dan dipasarkan. Produk baru, bisa berupa produk baru bagi dunia, lini produk baru, tambahan pada lini produk yang sudah ada, revisi atas produk yang sudah ada, penempatan kembali dan penekanan biaya. Secara garis besar siklus kehidupan produk dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: tahapan perkenalan (Introduction), tahapan pertumbuhan (Growth), tahapan kejenuhan (Maturity) dan tahapan penurunan (Decline). Langkah-langkah dalam pengembangan produk terdiri dari pemilihan produk, rancangan awal, konstruksi prototype, testing dan final desain.Dalam merancang jasa, manajemen harus secara seksama membaca harapanharapan pelanggan.Kunci dari desain produk jasa adalah mendefinisikan secara tepat barang-barang yang terikat dalam jasa . Suatu campuran yang tepat dari ketiga komponen tersebut harus disampaikan. Tetapi tidak cukup mendefinisikan ciri-ciri barang jasa dalam istilah yang umum/luas, standar-standar juga harus ditentukan.References
Bary Render dan Jay Heizer, 2005. Manajemen Operasi, Edisi Ketujuh, Buku 1, Jakarta. Penerbit: Salemba Empat
Jacobs F,Robert dan Chase B, Richard, 2015. Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan, Operations and Supply Chain Management, Edisi 14, Buku 1, Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
Kosasih Sobarsa, 2009. Manajemen Operasi Internasional, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media
Schroeder G. Roger, 2000. Manajemen Operasi, Pengambilan Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Kelima. Jakarta. Penerbit: Erlangga
Tampubolon Manahan,P.2004. Manajemen Operasional, Edisi Pertama, Jakarta. Penerbit: Ghalia Indonesia
Downloads
Published
2019-06-11
How to Cite
Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2019). ANALISIS DESAIN PRODUK DAN JASA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 4(2), 137–156. https://doi.org/10.54367/jrak.v4i2.456
Issue
Section
Artikel