ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DITINJAU DARI KEPUASAN KERJA

Authors

  • Sarimonang Sihombing FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Darna Sitanggang FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

OCB, Kepuasan Kerja.

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi individu yang melebihi tuntutan peran di tempat kerja dan di-reward oleh perolehan kinerja tugas.Organisasi yang memiliki karyawan denganOrganizational Citizenship Behavior yang baik, akan memiliki kinerja yang lebih baik dari organisasi yang lain.Perilaku ini muncul karena perasaan sebagai anggota organisasi dan merasa puas apabila dapat melakukan sesuatu yang lebih kepada organisasi. Organizational Citizenship Behavior(OCB) ini melibatkan beberapa perilaku meliputi perilaku menolong orang lain, menjadi volunteer untuk tugas-tugas ekstra, patuh terhadap aturan-aturan dan prosedurprosedur di tempat kerja. Dimensi Organizational Citizenship Behavior adalah perilaku membantu,kepatuhan terhadap organisasi,sportmanship, loyalitas terhadap organisasi, inisiatif individual, kualitas sosial dan perkembangan diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior antara lain: merasa puas dengan pekerjaannya, menerima perlakuan yang sportif dan penuh perhatian dari pengawas dan percaya bahwa mereka diperlakukan adil dalam organisasi.Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya perilaku Organizational Citizenship Behavior dalam suatu organisasi adalah faktor yang berasal dari dalam diri karyawan, seperti kepuasan kerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja antara lain: faktor hubungan antra karyawan, faktor-faktor individual dan faktor-faktor luar seperti rekreasi dan pendidikan. Dimensi kepuasan kerja antara lain: kepuasan dalam pekerjaan itu sendiri, gaji, pengakuan, hubungan antara supervisor dengan tenaga kerja dan kesempatan untuk maju.

Author Biographies

Sarimonang Sihombing, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Darna Sitanggang, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara., 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Anoraga. 2005. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta

Baron,R. A. & Byne,D. (2005). Psikologi Sosial (10th ed). Jakarta: Erlangga

Gibson, James L., John M. Ivancevich dan James H.Donelly, Je. 2000. Organizations: Behavior, Structure and Process, Boston: McGraw – Hill Companies,Inc.

Hani Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Yogyakarta: BPFE

King, L.A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah pandangan apresiatif. Buku 2. Penerjemah: Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh, Alih Bahasa:

V.A Yuwono, Yoyakarta: Penerbir ANDI Mathis, Robert L. & Jackson, John H. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat, and consequences. California:Sage Publication.

Organ, D. W., Podsakoff, P.M., and Mackenzie, S.B. 2006. Organizational Citizenship Behavior: Its nature, antecedents Podsakoff. 2000. Organizational Citizenship Behaviors: A Critical Review of the Theoretical and Empirical Literature and Suggestions for Future Research. Journal of Management.

Robbins, Stephen P. 2008. Organizational Behavior (Perilaku Organisasi). Jakarta: Salemba Empat

Robbins dan Judge, 2008. Perilaku Organisasi, Buku 1 Cetakan ke duabelas, Penerjemah: Angelica, D., Cahyani,R., dan Rosyid,A, Jakarta: Salemba Empat

Robbins, S.P., & Coulter,M. 2010. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran dan Devri Barnadi Putera, Jakarta: Erlangga.

Sumiyarsih, W., Mujiasih, E., & Ariati, J. April 2012. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan CV.Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Psikologi Undip Vol. 11, No. 1

Soehardi, Sigit., 2003. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: BPFE UST.

Suwarno & Donni Juni Priansa (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears,D.O. 2009. Psikologi Sosial. Edisi Keduabelas, Cetakan Kesatu. Alih Bahasa: Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Veithzal Rivai. 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Published

2019-10-15

Issue

Section

Artikel