PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI UPT SAMSAT LUBUK PAKAM
Keywords:
Service Quality, Tax Sanctions, Tax Knowledge, Motor Vehicle Tax RevenueAbstract
This study aims to examine how much the Effect of Service Quality, Tax Sanctions, and Tax Knowledge on Motor Vehicle Tax Revenue at UPT. Samsat Lubuk Pakam. The sampling technique is by incidental sampling in accordance with predetermined criteria with a sample size of 100 taxpayers who own motorized vehicles and are registered at the Lubuk Pakam Samsat Office. Data obtained from Samsat Lubuk Pakam from 2019 to 2021. The analysis technique used in this research is multiple linear regression with the significance level used is 5%. Based on the results of the t test, it shows that Service Quality has a positive and significant effect on Motor Vehicle Tax Revenue with a t_hitung value of 3.088> t_table 1.948 and a significant level of 0.003 <0.05, Tax Sanctions have a positive and significant effect on Motor Vehicle Tax Revenue with a t_hitung value of 4. 391 > t_table 1.948 and a significant level of 0.000 <0.05, Tax Knowledge has no positive and insignificant effect on Motor Vehicle Tax Revenue with a t_count value of 1.317 < t_table 1.948 and a significant level of 0.191> 0.05. Based on the results of the F test, it shows that Service Quality, Tax Sanctions, and Tax Knowledge simultaneously have a significant effect on Motor Vehicle Tax Revenue with a value of F_(count) 22.199> F_table 2.70 and a significance level of 0.000 <0.05.References
Cahyono, Y. T. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak (Studi Empirik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol: 2 No.2, Hal 163-175
Dwipayana,I, K,H., Dewi, A, A, S, L., & Suryani, L, P. 2020. Implikasi Dari Sanksi Administrasi Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Samsat Renon Denpasar). Jurnal Analogi Hukum. Vol: 2 No. 2, Hal 170-175.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Semarang badan penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanto, Hijriani Intan. 2020. Pengaruh Pengetahuan Pajak. Sanksi Pajak, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Penerimaan Pajak. Skripsi Universitas Bhayangkara.
Langgeng, A., & Krisdiyawati. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor UPPD/SAMSAT Brebes. Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi. Volume 2 No.2, Hal 65-77.
Mustapa, Juang, & Tukimin Lubis .2020. Analisis Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Pelayanan Samsat Lubuk Pakam. Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 2, Hal 101-107.
Peraturan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009. Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Peraturan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009. Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Purbasari, D.M & Dewi Laily Purnamasari. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. Vol:2 No.1, Hal 43-54.
Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.
Resmi, Siti. 2019. Perpajakan: Teori & Kasus. Edisi Sebelas. Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta.
Smith, Adam & Rochmat Soemitro. 2010. Asas dan Dasar Perpajakan. Bandung: PT.Eresco.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 Tentang Pajak daerah dan retribusi Daerah. Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.