PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COFFEENATICS MEDAN

Authors

  • ANGGITA SINAGA FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • SARIMONANG SIHOMBING FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • DARNA SITANGGANG FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Harga, Kualitas Produksi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Coffeenatics Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner terhadap konsumen yang berkunjung pada Coffeenatics Medan sebanyak 96 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil uji hipotesis secara parsial diperoleh nilai P value harga sebesar 0,000 <α (0,05), nilai P value kualitas produk (0,022) < α (0,05), nilai P value kualitas pelayanan (0,047) < α (0,05), berarti harga (X 1) , kualitas produk (X ) dan kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Uji F menunjukkan bahwa nilai p value (0,000) < α (0,05) artinya bahwa variabel harga, kualitas produk,dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS, diperoleh 3 persamaan regresi linear berganda: Y=5,086+0,608X, 1 +0,254X 2 +0,244X 3 +ei. Berdasarkan persamaan regresi berganda tersebut dapat diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dan variabel harga mempunyai pengaruh yang lebih besar karena memiliki koefisien regresi paling besar yakni 0,608. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,471, artinya variasi variabel kepuasan konsumen mampu dijelaskan variabel bebas (harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan) sebesar 47,1% dan sisanya 56,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti lokasi, promosi dan sebagainya

References

Fiazisyah Annisa. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji KFC Basuki Rahmat Surabaya.

Hadi. 2002. Manajemen Kualitas Produk. Edisi10. Jilid 1. Jakarta.

Kertajaya, Hermawan. 2002. Markplus on stratehy: 12 Tahun Perjalanan Markplus & Co MembangunStrategi Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong, 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi

ke 12, Jakarta: Erlangga.

Lupiyadi, Rahmat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek.

Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sukmawati, Kartika. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api Eksekutif.

Sukmawati, Rina. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Staton, William J. 2003. Prinsip pemasaran. Alih bahasa oleh Sadu

Sundaru.Jilid satu. Edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, Andi: Yogyakarta

Published

2020-08-10

Issue

Section

Artikel