Kinerja Angkutan Bus Damri Bandara Pada Rute Plaza Medan Fair - Kualanamu
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrkms.v5i2.2110Keywords:
damri, kinerja operasional, biaya operasional kendaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional dan mengevaluasi tarif angkutan umum penumpang berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK), dengan standar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (SK 687/AJ.206/DRJD/2002). Berdasarkan hasil analisis kinerja operasional diketahui bahwa kecepatan perjalanan 27 km/jam, waktu tempuh 2,5 menit/km, waktu pelayanan penumpang 12 jam/hari, memenuhi standar Dirjen Hubdat 2002. Faktor beban rata-rata 50,10%, headway 60,2 menit, frekuensi kendaraan 0,99. kendaraan/jam, tidak memenuhi standar Dirjen Hubdat 2002. Tarif didasarkan pada perhitungan Biaya Operasional Kendaraan untuk load factor rata-rata 50,10% (existing) Rp. 31.115/Penumpang dan jika load factor 70% (Kementerian Perhubungan Darat) Rp. 22.670/Penumpang, Karena pembatasan penumpang dan tarif perjalanan yang relatif kecil. Tarif saat ini adalah Rp. 30.000, - dengan jumlah penumpang dalam kondisi normal (365 hari beroperasi) tetap memberikan keuntungan sebesar Rp. 10.583.224. Dapat diartikan bahwa pada masa pandemi covid-19, jika bus Damri beroperasi setiap hari dan tarif saat ini adalah Rp. 30.000 masih menguntungkan dan dapat menutupi biaya operasional kendaraan setiap tahun.References
Arifin, A. S., Sulistyo, H., & Djakfar, L. (2017). Kajian Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan Maskapai Penerbangan Rute Surabaya-Jakarta (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya). Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 7(1), 13–22.
Bombongan, C. (2014). Analisis Pemilihan Moda Angkutan Umum Rute Medan-Bandara Kuala Namu (Studi Kasus: Kompetisi Antara Kereta Api Bandara dan Bus Bandara Koridor 1). Universitas Sumatera Utara.
Dirjen Perhubungan Darat. (2002). Pedoman Teknis Penyelenggraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur (SK.687/AJ.206/DRJD/2002).
Informasi Umum Bandara Internasional Kualanamu. https://angkasapura2.co.id/id/business_relation/our_airport/17-bandara-internasional-kualanamu
Julien, J., & Mahalli, K. (2015). Analisis ability to pay dan willingness to pay pengguna jasa kereta api bandara kualanamu (Airport Railink service). Ekonomi Dan Keuangan, 2(3).
Prakoso, B. I. (2017). Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Bus Trans Sidoarjo. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Rumawi, G. P. S. (2017). Studi Kinerja Dan Biaya Operasional Kendaraan Bus Batik Solo Trans (Bst) Koridor II Kota Surakarta Dengan Metode Kementerian Perhubungan.
Sebayang, D. R. B. (2017). Analisa Kinerja Operasional Bus Rapid Transit Trans Semarang Koridor III Pelabuhan Tanjung Emas. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Sekar, N. H. H., Munawar, A., & Irawan, M. Z. (2018). Perencanaan Perubahan Trayek Berdasarkan Analisis Kinerja Dan Biaya Operasional Bus Damri Lingkar Ring Road: Jalur Terminal Giwangan-Gamping-Terminal Jombor-Bandara-Janti-Terminal Giwangan. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi Ke-21.
Sipangkar, D. I., & Sitindaon, C. (2018). Kajian Pemilihan Moda Transportasi Rute Bandara Kuala Namu–Medan. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 1(2), 108–127.
Sitinjak, L. L., & Sitindaon, C. (2019). Pemilihan Moda Transportasi Pematangsiantar menuju Bandara Silangit Dengan Metode Stated Preference. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 2(1), 43–57.
Sitohang, O., Siahaan, R., & Laia, A. Y. B. (2021). Kinerja Operasional Moda Bus Trans Mebidang Trayek Lubuk Pakam-Pusat Pasar Medan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 4(2), 131–143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JRKMS publishes fully open access journals, which means that all articles are available on the internet to all users immediately upon publication. Non-commercial use and distribution in any medium is permitted, provided the author and the journal are properly credited. Authors retain copyright to their work.