Analisis Tingkat Kepuasan Penyedia Jasa Konstruksi/Konsultansi terhadap Pelaksanaan Pengadaan Secara Elektronik (e-Procurement) pada ULP Kabupaten Halmahera Selatan

Authors

  • Friyani N. Arif Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun
  • Mufti Amir Sultan Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun
  • Muhammad Taufiq Yuda Saputra Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun
  • Amiruddin Hi Muhammad Program Studi Teknik Sipil, Universitas Nuku

Keywords:

pengadaan barang dan jasa, e-procurement, importance performance analysis, customer satisfaction index

Abstract

Pengadaan barang/jasa merupakan kegiatan lelang yang dilakukan lembaga pemerintah atau institusi swasta guna menjalankan proses kelancaran pembangunan di suatu daerah. E-procurement merupakan proses pengadaan barang atau jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet yang diselenggarakan oleh layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Pelaksanaan e-Procurement di Kabupaten Halmahera Selatan sebagai sistem pengadaan barang atau jasa dilakukan sejak tahun 2012. Pelaksanaan e- procurement di Kabupaten Halmahera Selatan terbilang sudah cukup lama, tetapi tentunya akan terdapat beberapa keluhan dari pihak penyedia barang atau jasa terhadap pelaksanaannya.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kinerja penyedia jasa kosntruksi/konsultansi terhadap pelaksanaan pengadaan secara elektronik (e-Procurement) di kabupaten Halmahera Selatan. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan survey berupa wawancara langsung dan pengisian kuesioner di unit layanan pengadaan kabupaten Halmahera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analysis (IPA). Dari hasil penelitian menggunakan metode CSI didapatkan nilai kepuasan penyedia barang/jasa secara keseluruhan terhadap pelaksanaan pengadaan secara elektronik (e-procurement) sebesar 80,01%, yang artinya penyedia jasa puas dengan kualitas dari pelaksanaan pengadaan tersebut. Dan berdasarkan hasil analisis IPA ada beberapa atribut prioritas yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi kinerjanya yaitu atribut-atribut yang terdapat pada kuadran I.

References

Akbar, M. I., Bashayev, T. A., & Reswati, R. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen dan Usulan Perbaikan terhadap Dimensi Jasa di Klinik Bersalin DS dengan Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance-Performance Analysis. Journal of Systems Engineering and Management, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.36055/joseam.vxix.19198

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Vol. 14). Rineka Cipta.

Wicaksono, A. A., Trisiana, A., & Ratnaningsih, A. (2022). Analisis Kinerja Pelaksanaan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.4 di Kabupaten Ngawi. Journal of Applied Civil Engineering and Infrastructure Technology, 3(1), 17-25.

Bestari, D. F., & Desrianty, A. (2022). Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Bank BRI Cabang Soekarno Hatta Berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Diseminasi Fakutas Teknik Industri Itenas, 3, 1–11.

Firdaus, F. (2021). Aplikasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Persepsi Pengguna Moda Transportasi Bus AKDP Dan AKAP Pada Terminal Tipe B (Studi Kasus Pada Terminal Caruban – Kabupaten Madiun). Develop, 4(1), 63–84.

Jusniati, J., Parawangi, A., & Wahid, N. (2022). Efektivitas E-Procurement (Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik) Di Kabupaten Bone. Kimap, 3(2), 599–611. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Madeppungeng, A., Intari, D. E., & Fauziah, N. N. (2019). Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek kontraktor Besar (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Bendungan Karian Di Kabupaten Lebak, Banten). Konstruksia, 10(1), 9-22.

Prabowo, F. H. E., Rachmawulan, D. L., & Taufik, N. (2019). Decreasing Satisfaction Of Urban Transport Passangers. Jurnal Ekonomi Manajemen & Bisnis, 20(2).

Purbobinuko, Z. K., & Wurianing, R. (2020). Analisis Kepuasan dengan Metode CSI dan IPA Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di RS. Dr Soetarto Yogyakarta. Health Information Management Journal ISSN, 8(2), 80–91.

Putri, T. D., Fauzan, F., & Yondrizal, Y. (2021). Optimization of Electronic Procurement Services (LPSE) In The Procurement Of Goods And Services For Development In Kota Pariaman. Menara Ilmu, 15(2), 84–98.

Saputra, A. (2019). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Subbag Pendidikan Fakultas Teknik Universitas XYZ. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 3(1), 57.

Sihotang, F. P., & Oktarina, R. (2022). The Use of Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) Methods in Analyzing the Effect of the E-Service System on the Customer Level. JTSI, 3(1), 1–12.

Silva, F., & Fernandes, P. (2010). Using Importance-Performance Analysis in Evaluating Institutions of Higher Education: A case study. ICEMT 2010 - 2010 International Conference on Education and Management Technology, Proceedings, 121–123. https://doi.org/10.1109/ICEMT.2010.5657689

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suharyanto, S. (2018). Kinerja Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Jm Motor Bandung Barat. Spektrum Indistri, 16(2), 111–225.

Sultan, M. A., Marsaoly, N., Yudasaputra, M. T., & Pasri, A. A. (2013). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Infrastruktur Transportasi Di Kabupaten Halmahera Utara. SIPILsains, 3(5), 59–74.

Thaib, A., Djafar, A., Darwis, F., & Bakir, M. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Di Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2019. Clapeyron, 2(2), 40–46.

Wahyuni, A., Mudjanarko, W., & Adly, E. (2020). Importance and Performance of Public Transportation Services Based on Women’s Perceptions. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Lingkungan, 4(1), 31–39.

Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.

Published

2023-10-31