Kinerja Operasional Kereta Api Siantar Ekspres Rute Medan - Pematang Siantar Menurut Penumpang Masa Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.54367/jrkms.v7i2.4068Keywords:
load factor, kinerja, tingkat kepentingan, tingkat kepuasanAbstract
Kebijakan Pemerintah Sumatera Utara menghapuskan hasil pemeriksaan COVID-19 negatif untuk menggunakan kereta api berpotensi mengembalikan dan meningkatkan kondisi jumlah penumpang. Untuk itu, penting bagi pengelola KA, dalam hal ini KA Siantar Ekspres, untuk mengevaluasi layanannya pasca COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan penumpang terhadap kualitas layanan kereta api pasca-COVID-19 pada rute Medan-Pematang Siantar, dengan fokus pada standar pelayanan minimum (SPM) serta parameter kenyamanan seperti tempat duduk, waktu tempuh, dan faktor muat. Metode IPA digunakan untuk mengkategorikan sebelas indikator layanan ke dalam prioritas peningkatan layanan. Sebanyak 342 responden penumpang telah disurvei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan penumpang KA Siantar Ekspres pasca-pandemi cukup baik, dengan indikator waktu keberangkatan dan waktu tempuh perjalanan yang perlu dipertahankan. Namun, prioritas peningkatan utama adalah kenyamanan bangku penumpang, penyediaan informasi, dan kecepatan layanan Customer Service di gerbong KA.References
ANTARANews. (2022). Penumpang kereta api di Sumut semakin meningkat sejak Maret. https://www.antaranews.com/berita/2772009/penumpang-kereta-api-di-sumut-semakin-meningkat-sejak-maret
Banjarnahor, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Medan [Skripsi]. Universitas HKBP Nommensen.
Björklund, G., & Swärdh, J.-E. (2016). Valuing in-vehicle comfort and crowding reduction in public transport. VTI, Statens väg-och transportforskningsinstitut.
Bouscasse, H., & de Lapparent, M. (2019). Perceived comfort and values of travel time savings in the Rhône-Alpes Region. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 124, 370–387.
Farazi, N. P., Murshed, M. N., & Hadiuzzaman, M. (2022). Application of machine learning to investigate heterogeneity in users’ perception of intercity train service quality in developing countries. Case Studies on Transport Policy, 10(1), 227–238.
Green, S. B., Lissitz, R. W., & Mulaik, S. A. (1977). Limitations of coefficient alpha as an index of test unidimensionality1. Educational and Psychological Measurement, 37(4), 827–838.
Hadiuzzaman, M., Farazi, N. P., Hossain, S., & Malik, D. M. G. (2019). An exploratory analysis of observed and latent variables affecting intercity train service quality in developing countries. Transportation, 46, 1447–1466.
Isaac, S., & Michael, W. B. (1995). Handbook in research and evaluation: A collection of principles, methods, and strategies useful in the planning, design, and evaluation of studies in education and the behavioral sciences. Edits publishers.
Islam, M. R., Abdel-Aty, M., Lee, J., Wu, Y., Yue, L., & Cai, Q. (2022). Perception of people from educational institution regarding autonomous vehicles. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 14, 100620.
Manullang, L. H., Siahaan, R., & Sitindaon, C. (2022). Analisis Pelayanan Bus Antarkota Rute Medan–Pematang Siantar dengan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Maritim, 4(1), 77–86.
Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-performance analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77–79.
Morlok, E. K. (1978). Introduction to transportation engineering and planning. McGraw-Hill College.
Nurani, K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Kereta Api Siantar Ekspres [Tesis]. Universitas Sumatera Utara.
Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023).
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api (2015).
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 2025 (2011).
Rahmawati, D. E., & Latifa, E. A. (2022). Mode Choice Probability Between Bus and Railway Cianjur-Padalarang Route. Logic: Jurnal Rancang Bangun Dan Teknologi, 22(2), 81–88.
Sidauruk, J. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik pada Jasa Transportasi Kereta Api (Studi pada Kereta Api Siantar Ekspres) [Skripsi]. Universitas HKBP Nommensen.
Spector, P. E. (1992). Summated rating scale construction: An introduction. Sage Publications.
van Oort, N., Drost, M., Brands, T., & Yap, M. (2015). Data-driven public transport ridership prediction approach including comfort aspects. 13th CASPT Conference.
Vaske, J. J. (2008). Survey research and analysis: Applications in parks, recreation and human dimensions. Venture.
Wisutwattanasak, P., Champahom, T., Jomnonkwao, S., Aryuyo, F., Se, C., & Ratanavaraha, V. (2023). Examining the impact of service quality on passengers’ intentions to utilize rail transport in the post-pandemic era: an integrated approach of SERVQUAL and health belief model. Behavioral Sciences, 13(10), 789.
Wonglakorn, N., Chantaratang, A., Suksiripattanapong, C., Na Sritha, K., Aunphoklang, W., Ninjinda, N., & Keerakittisakul, W. (2023). The Development of Service Metrics Indicators of a Public Transportation Service Case Study: Intercity Trains in Nakhon Ratchasima Province, Thailand. Sustainability, 15(15), 11739.
Yarimoglu, E. K. (2014). A review on dimensions of service quality models. Journal of Marketing Management, 2(2), 79–93.
Zagoto, I. M., Sitindaon, C., & Sitohang, O. (2018). Pemodelan Pemilihan Moda Rute Medan–Binjai Antara Kereta Api dan Bus dengan Metode Stated Preference. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, 1(1), 35–43.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JRKMS publishes fully open access journals, which means that all articles are available on the internet to all users immediately upon publication. Non-commercial use and distribution in any medium is permitted, provided the author and the journal are properly credited. Authors retain copyright to their work.