Analisis Kinerja Layanan Kapal Ferry Penumpang Samosir Menggunakan Metode Importance Performance Analysis

Authors

  • Oloan Sitohang Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Rini Tiofani P. Sidadolog Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reynaldo Siahaan Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrkms.v8i1.5296

Keywords:

kinerja layanan, tingkat kepuasan, kapal ferry, penyeberangan danau toba

Abstract

Transportasi penyeberangan menggunakan kapal ferry merupakan moda utama untuk mencapai Pulau Samosir melalui berbagai pelabuhan di Danau Toba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja (performance) pelayanan dan tingkat kepentingan (importance) penumpang kapal ferry di Pulau Samosir menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pendekatan yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei terhadap 1.081 responden dari enam kapal ferry pada tiga rute: Tigaras–Simanindo, Ajibata–Tomok, dan Ajibata–Ambarita. Kuesioner disusun berdasarkan standar pelayanan minimum sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 62 Tahun 2019, dengan skala Likert sebagai alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara harapan dan persepsi penumpang terhadap layanan yang diberikan. Lima dari enam kapal menunjukkan tingkat kinerja yang lebih rendah dibanding tingkat kepentingan, mengindikasikan ketidakpuasan. Nilai ketidakpuasan tertinggi diperoleh KMP Pora-Pora (3,98), diikuti oleh KMP Ihan Batak (3,90), KMP Sumut 1 (3,80), KMP Sumut 2 (3,79), dan KMP Tao Toba 2 (3,79). Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan layanan berdasarkan prioritas atribut yang belum memenuhi ekspektasi penumpang.

References

Basir, M., Modding, B., Kamase, J., & Hasan, S. (2015). Effect of service quality, orientation services and pricing on loyalty and customer satisfaction in marine transportation services. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 4(6), 1-6.

Feng, M., Mangan, J., Wong, C., Xu, M., & Lalwani, C. (2014). Investigating the different approaches to importance–performance analysis. The Service Industries Journal, 34(12), 1021-1041.

Guirao, B., García-Pastor, A., & López-Lambas, M. E. (2016). The importance of service quality attributes in public transportation: Narrowing the gap between scientific research and practitioners' needs. Transport Policy, 49, 68-77.

Jørgensen, F., & Solvoll, G. (2017). Designing capacity and service level at ferry crossings. Transportation research procedia, 26, 215-223.

Jurkovic, M., Kalina, T., Morvay, K., Hudcovský, M., & Gorzelanczyk, P. (2021). Impacts of water transport development on the economy and society. Transportation Research Procedia, 55, 244-251.

Ladhari, R. (2009). A review of twenty years of SERVQUAL research. International journal of quality and service sciences, 1(2), 172-198.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-performance analysis. Journal of marketing, 41(1), 77-79.

Mikulicic, J. Z., Kolanovic, I., Jugovic, A., & Brnos, D. (2024). Evaluation of service quality in passenger transport with a focus on liner maritime passenger transport—a systematic review. Sustainability, 16(3), 1125.

Kementerian Perhubungan. (2019). Permenhub Nomor 62 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan.

Sitorus, B., & Sitorus, C. N. (2017). Peran transportasi dalam mendukung kawasan strategis pariwisata nasional danau toba. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 4(1), 9-24.

Taherdoost, H. (2019). What is the best response scale for survey and questionnaire design; review of different lengths of rating scale/attitude scale/Likert scale. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 8.

Tanko, M., & Burke, M. I. (2017). Transport innovations and their effect on cities: the emergence of urban linear ferries worldwide. Transportation research procedia, 25, 3957-3970.

Published

2025-06-30

How to Cite

Sitohang, O., Sidadolog, R. T. P., & Siahaan, R. (2025). Analisis Kinerja Layanan Kapal Ferry Penumpang Samosir Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS), 8(1), 51–60. https://doi.org/10.54367/jrkms.v8i1.5296

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.