Aplikasi Pembelajaran Kriftografi Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction
DOI:
https://doi.org/10.17605/jtiust.v5i1.1081Keywords:
Animasi, Visualisasi Kriptografi, Metode Computer Asissted InstructionAbstract
Kriptografi Vigenere Cipher merupakan salah satu kriptografi klasik yang cukup amakan digunakan untuk pesan, penggunaan kriptografi pada sebagian mahasiswa mungkin terasa rumit dikarenakan banyak proses dan langkah yang harus digunakan, pembelajaran merupakan sala satu solusi yang bisa digunakan untuk menampilkan materi mengenai kriptografi vigenere cipher, pembelajaran yang dirancang akan menerapakn metode computer assisted instruction. Model Pembelajaran diperlukan untuk membantu mahasiswa dalam memahami pembelajaran dengan cepat dan membuat mahasiswa antusias. Ini adalah model pembelajaran berbasis computer yang disertai dengan metode CAI ( Computer Assisted Instruction ). Tutorial dan latihan ini menggunakan metode pembelajaran strategis dengan memberikan materi, latihan, simulasi, game. Tujuannya adalah untuk membuat mahasiswa memahami materi. Dalam proses pembelajaran ini diimplementasikan dengan Adobe Flash CS6 untuk menghasilkan pembelajaran yang mudah untuk digunakan mahasiswa agar lebih memahami materi tersebut.References
I. K. Sudarsana et al., “Paradigma Pedidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan,†Jayapangus Press Books, vol. 0, no. 0, Mar. 2018, Accessed: Sep. 12, 2018. [Online]. Available: http://books.jayapanguspress.org/index.php/publisher/article/view/19.
Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. Bandung: Penerbit Alfabeta, Bandung, 2012.
R. W. Dahar, “Teori-Teori Belajar,†1989. Accessed: Dec. 12, 2019. [Online]. Available: www.tcpdf.org.
T. Limbong, E. Napitupulu, and P. Simangunsong, Barita,Nauli, “Learning Application Soft Skill for Facial with Computer Assisted Instruction Model,†vol. 1, no. 4, pp. 561–570, 2018.
H. D. Hutahaean and P. M. Hasugian, “Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction,†vol. 4, no. 1, pp. 2–5, 2019.
R. Wondal, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,†2015.
C. Watkins, E. Carnell, and C. Lodge, Effective Learning in Classrooms. 2007.
M. A. Carter and D. Goldie, “Educational media: Potential impacts on tertiary students’ mental health,†Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 3, no. 3, pp. 61–88, 2017.
R. E. Mayer and R. Moreno, “A Cognitive Theory of Multimedia Learning,†Multimed. Learn., no. January 2005, pp. 41–62, 2012, doi: 10.1017/cbo9781139164603.004.
D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.
T. Limbong, “Pengujian Kriptografi Klasik Caesar Chipper Menggunakan Matlab,†no. Sept., vol. 2017, 2015.
H. Sahara, “Implementasi Pengamanan Pesan Chatting menggunakan Metode Vigenere Cipher dan Cipher Block Chainning,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 173–178, 2018.
B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.