Penerapan Data Mining terhadap Data Transaksi sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Khoirun Nisa Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i2.1454

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Bisnis Ritel

Abstract

Permasalahan  yang sering ditemui pada bisnis ritel adalah penumpukan barang digudang dikarenakan menurunnya jumlah pembelian. Oleh karena itu pelaku bisnis ritel harus dapat membuat strategi penjualan agar stok barang digudang dapat terjual. Untuk dapat mengatasi hal tersebut dibutuhkan strategi penjualan yang dapat diperoleh dari pengolahan data yang tersedia menjadi informasi yang bermanfaat. Data transaksi dapat diolah dengan menggunakan data mining dengan Algoritma Apriori. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi mengenai keterkaitan antar item produk yang dapat dijadikan informasi penunjang strategi penjualan. Selain itu, dari informasi yang diperoleh dapat berguna dalam keputusan strategi penjualan, misalnya tata letak dalam penempatan item produk, penawaran item produk kepada pembeli, dan pemaketan item produk. Algoritma Apriori yang digunakan dalam penelitian ini dapat mengolah data transaksi menjadi informasi mengenai keterikatan antar item produk. Dengan uji lift ratio, penelitian ini menghasilkan 13 aturan asosiasi yang memiliki keterkaitan yang kuat.

Author Biography

Khoirun Nisa, Universitas Nusa Mandiri

<br data-mce-bogus="1">

References

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

C. S. Fatoni, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Sistem Rekomendasi Produk Online Store Menggunakan Metode Apriori,†J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 4, no. 2, pp. 20–27, 2018.

Y. Ito and S. Kato, “An Apriori-Based Approach to Product Placement in Order Picking,†IEEE Int. Conf. Agents, 2016, doi: 10.1109/ICA.2016.039.

A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,†Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.

B. Davies, “Database Systems 3rd Edition,†UK : Palgrave: Basingstoke, 2004.

I. Pramudiono, “Pengantar Data mining : Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data,†2007. .

B. Santosa, Data Mining, Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Kusrini and E. T. Taufiq, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi, 2009.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,†Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

Downloads

Published

2021-12-03

Issue

Section

Artikel