Analisa Korelasi Kinerja Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan Menggunakan Logika Fuzzy
DOI:
https://doi.org/10.17605/jti.v2i2.193Abstract
Melalui pengajaran yang baik akan berdampak terhadap meningkatnya pemahaman peserta didik dalam menerima materi yang diberikan oleh tenaga pengajar. Jadi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, tenaga pengajar/ dosen harus memberikan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkulaitas akan memberikan kepuasan kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar dan juga akan berdampak terhadap keberlangsungan dari perguruan tinggi. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa. Kinerja dosen FIKOM khusunya dosen di Program Studi Teknik Informatika. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa adanya hubungan antara kinerja dosen dengan prestasi yang diraih oleh mahasiswa. Variabel yang diteliti berupa disiplin dosen, proses pembelajaran, proses penilaian dan motivator. Hubungan yang terjadi adalah hubungan positif. Artinya pada saat kinerja dosen meningkat maka prestasi akademik mahasiswa juga meningkat atau pada saat kinerja dosen menurun maka prestasi mahasiswa juga ikut menurun. Model regresi linear hasil peneilitan adalah sebagai berikut: Y = 65.846 +2.978X.Dari model tersebut dapat dilihat bahwa jika kinerja dosen sangat rendah maka nilai yang diperoleh oleh mahasiswa hanya bernilai 65,85 ï‚» 66. Sesuai dengan aturan penilaian di Universitas Katolik Santo Thomas nilai tersebut bernilai C+ atau sebanding dengan niai Indeks Prestasi 2.5. Dampak terhadap hubungan yang ada antara kinerja dosen dengan mahasiswa adalah ketika prestasi dosen ditingkatkan sebesar 1 satuan maka prestasi mahasiswa akan naik sebesar 2.978 ï‚» 3 nilai. Nilai rata-rata prestasi yang diraih oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika T.A 2016/2017 sem Genap adalah 74 sebanding dengan nilai B (dengan Indeks Prestasi 3.00). rata-rata kinerja dosen hasil logika fuzzy adalah bernilai 2,7668 (terletak anatara rentang kurang dan cukup). Dari nilai tersebut maka kinerja dosen Fakultas Ilmu Komputer khusReferences
Boimau, S.V. 2014. Evaluasi kinerja dosen ditinjau dari prestasi belajar mahasiswa di jurusan kebidanan politeknik kesehatan kementerian kesehatan kupang. Jurnal info kesehatan Vol 12. No 1
Shofwatul’uyun. 2010. Analisis pengaruh indeks kinerja dosen terhadap prestasi nilai mata kuliah menggunakan fuzzy quantification theory I. Jurnal Informatika Vol. 4. No. 1
Tutik, A., Sari, A.S., Prabowo, H. 2006. Perancangan model evaluasi diri dosen. Jurnal the winners, Vol. 7 No. 2 [4] Zadeh, L.A. 1965. Fuzzy Sets Information and Control 8 Journal,