Expert System Perbandingan Algoritma Simple Hill Climbing dan Steepest Ascent Hill Climbing

Authors

  • Nanda Jarti Universitas Ibnu Sina, Batam
  • Ellbert Hutabri Universitas Putera Batam

Keywords:

Expert System, Searching, Puzzle-8, Perbandingan Algoritma, Goal State

Abstract

Permainan Puzzle merupakan permainan yang banyak diminati oleh kalangan banyak orang baik usia anak anak, remaja maupun orang dewasa. Permainan ini bisa juga dikatakan sebagai permainan yang mengasa otak dan menyenangkan. Permasalahan penelitian ini yaitu susah bagi user mencari solusi untuk menumukan goal antara algoritma Simple Hill Climbing dan Ascent hill Climbing. Manfaat permainan Puzzle yaitu  mempelajari susunan huruf alfabert, Game puzzle memiliki banyak manfaat bagi perkembangan pola pikir  seperti perkembangan kognitif, mengasah kemampuan dalam ingatan, Kemampuan metorik, melatih bentuk koordinasi mata dan tangan, mampu mencari solusi untuk memecahkan masalah dan yang lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu mempermudah para pemain game puzzle untuk menyelesaikan permainan dengan cepat dan memperoleh solusi akhir untuk menyelesaikan permasalahan pada game puzzle. Untuk menyelesaikan solusi  Menggunakan Algoritma Simple Hill Climbing dan Ascent hill Climbing, dari hasil kedua algoritma tersebut dibandingkan mana algoritma yang paling cepat menemukan solusi akhir Algoritma Ascent hill Climbing lebih cepat menemukan solusi karena proses pengerjaan nya langsung dan hasilnya terlihat lebih cepat dan jelas. 6 proses iterasi untuk menyelesaikan kasus game puzzle.

References

COMPUTING | Jurnal Informatika, 6(2), 58–78.https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/computing/article/view/206

Abraham, D., Permana, I. W., Nugraha, R. A., Alvian, M., Elektro, J. T., Sultan, U., Tirtayasa, A., Climbing, S. H., Climbing, S. H., & Climbing, S. H. (2015). Penyelesaian Masalah 8-Puzzle dengan Algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing. 4(1), 40–44.

Martin, A. (2021). Implementasi Metode Pencarian Heuristic Hill Climbing Dalam Penyelesaian Puzzle-8. TECHSI - Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 32. https://doi.org/10.29103/techsi.v13i2.3548.

Sari, M. F. M. (2021). Penerapan Algoritma Ascent Hill Climbing Pada Game Edukasi Penyusunan Deretan Angka Puzzle-8. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(2), 141. https://doi.org/10.30865/json.v3i2.3612.

M, P. M. P. (2021). Game Edukasi Pembelajaran Menghitung Susunan Angka Pada Puzzle-8 Menggunakan Metode Steepest Ascent Hill Climbing. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 148–154. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1015

Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499

Desti Fitriati1, N. M. N. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA HILL CLIMBING PADA PENENTUAN. 1(3).

Hakim, L. (n.d.). Modifikasi Algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing Dan Backtracking Untuk Pencarian Lintasan Kritis Proyek Modified Steepest-Ascent Hill Climbing and Backtracking Algorithm for Project Critical Path Finding. Cogito Smart Journal |, 4(2).

Afero, Y. (2021). PENERAPAN KASUS ALGORITMA ASCENT HILL CLIMBING DALAM PERMAINAN PUZZLE 8 Abstrak. 14(2), 325–331.

Adharani, Y., & Susilowati, E. (n.d.). PENERAPAN METODE SIMPLE HILL CLIMBING SEARCH UNTUK PENCARIAN LOKASI TERDEKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMDIYAH. 7.

Purnia, D. S. (2020). Indonesian Journal of Computer Science. STMIK Indonesia Padang, 6(1), 62.

Vickraien Dangkua, E., Gunawan, V., & Adi, K. (2015). Penerapan Metode Hill Climbing Pada Sistem Informasi Geografis Untuk Mencari Lintasan Terpendek. In Jurnal Sistem Informasi Bisnis (Vol. 01, Issue 10). Diterima Publikasi.

V. Y. I. Ilwaru1, T. Sumah2, Y.A.Lesnussa3, Z. A. L. (2017). Perbandingan Algoritma Hill Climbing Dan Algoritma Ant Colony Dalam Penentuan Rute Optimum Comparison Of Hill Climbing Algorithm And Ant Colony Algorithm In Determining Optimum Route. 11, 139–150.

Meri, R. (2022). IMPLEMENTASI ALGORITMA STEEPEST ASCENT HILL CLIMBING UNTUK. 6(1).

Anam, H., Hanafi, F. S., & Adifia, A. F. (2018). Penerapan Metode Steepest Ascent Hill Climb pada Permainan Puzzle. 3(2), 36–40.

Downloads

Published

2023-06-02

Issue

Section

Artikel