Sistem Presensi Selfie dan Pengajuan Cuti secara Online pada Dinas Penanaman Modal Kabupaten Demak

Authors

  • Harris Surya Ardiansyah Universitas Stikubank Semarang
  • Novita Mariana Universitas Stikubank Semarang

Keywords:

Sistem Informasi, Absensi Online, website, Linear Sequential Model

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia semakin pesat, kebutuhan informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memberikan data yang akurat khususnya di dalam instansi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Demak adalah sebuah organisasi perangkat daerah yang bergerak di bidang penerbitan perizinan sesuai dengan peraturan daerah. Pada saat melakukan absensi masih menggunakan metode lama yaitu fingerprint dan absen manual menggunakan kertas. Masalah yang dihadapi dalam melakukan laporan absensi terkadang tidak akurat, karena absensi manual tidak langsung direkap di buku besar sehingga mengakibatkan terjadinya kertas absensi hilang, selain itu pegawai juga harus datang ke kantor apabila akan melakukan absensi. Berkaitan dengan itu maka diperlukan suatu sistem informasi untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi absensi online berbasis website dengan menggunakan metode Linear Sequential Model. Aplikasi absensi online memudahkan karyawan dalam melakukan absensi karena tidak perlu pergi ke kantor dan memudahkan pencatatan data-data absensi yang diperlukan.

References

Baltubalral, H. H. (2018) Pembelaljalraln Berbalsis We dengaln Moodle versi 3.4. Yogyalkalrtal: Deepublish Publisher.

ALchmald Yalni & Susy Rosyidal (2022) Peneralpaln Sistem Informalsi ALbsensi Kalryalwaln Paldal CV. Bintalng Balngun Persaldal, 10(1) 1-7 doi: https://doi.org/10.31294/jki.v10i1.12424.

ALhmald Zalinudin, Lufil Halkim ALrif Efendi (2019) Desalin Sistem Pendaltalaln Kehaldiraln Kalryalwaln Terintegralsi Fingerprint Dengaln Fungsi Pengalturaln Shift Kerjal Berbalsis Visuall. Elkom, Vol.12 No 2, Desember 2019, pp. 83-88

Mohalmmald ALryal Rosyd Sikumbalng, Roni Halbibi, Syalfriall Falchri Palne (2020) Sistem Informalsi ALbsensi Pegalwali Menggunalkaln Metode RALD daln Metode LBS Paldal Koordinalt ALbsensi, 4(1), 59-64 doi: http://dx.doi.org/10.30865/mib.v4i1.1445.

Shallalhudin, M. & Sukalmto. (2018). Rekalyalsal Peralngkalt Lunalk Tersruktur daln Berorientalsi Objek. Balndung: Informaltikal.

Robin, N. (2018) Lealrning PHP, MySQL & JalvalScript: With Query, CSS &HTML5. (AL.Oralm, Ed.). Callifornial: O’Reilly Medial, Inc.

MF, Mundzir. (2018). Buku Salkti Pemrogralmaln Web Seri PHP, Yogyalkalrtal: Stalrt Up.

Rusmalwaln, U. (2019). Teknik Penulisaln Tugals ALkhir daln Skripsi Pemrogralmaln. Jalkalrtal: Elex Medial Komputindo.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Artikel