IMPLEMENTASI KODE QR PENGIRIMAN KARTU HASIL STUDI MAHASISWA

Authors

  • Matra Prima Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Parasian DP Silitonga Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Perkembangan QR Code (Quick Response Code), merupakan gambar dua dimensi yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data. QR Code biasa digunakan untuk menyimpan data berupa teks, baik itu numerik, alfanumerik, maupun kode biner. QR Code banyak digunakan untuk keperluan komersil, khususnya di Jepang, biasanya berisi link url ke alamat tertentu atau sekedar teks berisi iklan, promosi, dan lain-lain. Perkembsngsn lainnya adalah teknologi internet dalam layanan SMTP Server yang tersedia secara gratis. Pada pembahasan kali ini penulis akan membuat sebuah program yang dapat membuat informasi KHS disimpan dalam bentuk QR Code dan selanjutnya QR Code KHS tersebut dikirim ke alamat E-Mail masing masing mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas. Penulis telah membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemograman C# yang mampu menghasilkan QR Code yang memuat informasi KHS dari seorang mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas dan selanjutnya dikirimkan ke alamat E-Mail melalui pemanfaatan SMTP Server.

Author Biographies

Matra Prima, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

UNIKA Santo Thomas

Parasian DP Silitonga, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

UNIKA Santo Thomas

References

Ariadi. (2011). Analisis dan Perancangan Kode Matriks Dua Dimensi Quick Response (QR) Code. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Ashford, Robin. 2010. QR Code and academic libraries eaching mobile users. (Online) http://crln.acrl.org/content/71/10/526.full.

Berman, B. and Evans, J.R. (2001). Retail Management. 10th Edition. USA: Macmillian Publising Company.

Eka, Y. 2014. Buku Pintar Pemrograman C#, Yogyakarta : Mediakom.

ISO/IEC 18004, 2006, Information technology — Automatic dentification and data capture techniques — QR Code 2005bar code symbology specification, Switzerland.

Setyawan, Antonius Hendra. (2010). Perancangan Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa Menggunakan Qr Code Pada Sistem Operasi Android. Diponegoro: Universitas diponegoro.

Published

2019-02-01

Issue

Section

Artikel