Analisa Peningkatan Softskill Dan Hardskill Mahasiswa Melalui Pembelajaran SCL Dan RC Dengan Machine Learning

Authors

  • Desinta Purba Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v1i2.31

Abstract

Abstrak Proses pengajaran yang berlangsung dengan baik akan berdampak terhadap meningkatnya pemahaman peserta didik. Di lembaga pendidikan tinggi, secara umum proses pendidikan dan pengajaran di lakukan ruangan kelas berbasis mata kuliah. Untuk meningkatkan softskill mahasiswa dapat diterapkan melalui penyediaan bahan ajar dan perubahan metode pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pengajar. Metode SCL (Student Centered Learning ) dan RC (Round Club) merupakan metode pembelajaran yang bersifat mahasiswa aktif. Melalui metode tersebut diharapkan terjadi peningkatan softskill dan hardskill peserta didik. Dalam melakukan analisa terhadap peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa seorang tenaga pengajar sering tidak konsisten dengan penilaian. Hal ini disebabkan karena seorang tenaga pengajar sering memberikan penilaian secara subjektif, yang seharusnya penilaian dilakukan secara objektif. Untuk membantu tenaga pengajar dalam melakukan pengambilan keputusan dan menjaga tingkat konsistensi dalam menganalisis penilaian terhadap peningkatan softskill dan hardskill mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan machine learning. Dari penelitian ini di peroleh bahwa dengan adanya kombinasi pembelajaran, hardskill dan softskill mahasiswa dapat meningkat

Author Biography

Desinta Purba, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen

References

Elsaid, Fairuz. 2010. Pendidikan Konsep Stundents

Centered Learning

Mursell, J. 2008. Mengajar dengan sukses. Penerbit

Bumi Aksara Jakarta

Triyono, M. Bruri. 2011. Students Centered Learning

Aplikasi di Laboratorium/ Bengkel.

Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Volume 01 Nomor 02, Desember 2016, 2548-1916

Pelatihan SCL Politeknik Negeri Bali. Juni 2011 Zadeh, L.A. 1965. Fuzzy Sets Information and Control 8 Journal, pp. 338-353 Zadeh, L.A. 1999. From Computing with Numbers to Computing with Words. Fundamental Theory ang Applications Journal, Vol 45, pp. 105-119.

Zadeh, L.A. 2008. Discussion Forum University of California at Berkeley, USA . Jerry Mendel

Published

2017-08-01

Issue

Section

Artikel