Implementasi Fuzzy C-Means untuk Clustering Data dalam Sistem Informasi Promosi (Studi Kasus di SMAN Negeri 4 Tanjung Jabung Timur)

Authors

  • Hasna Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al Mujaddid
  • Heri Febrianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Al Mujaddid

Keywords:

Klastering, promosi Sekolah Menengah Atas, Fuzzy C-Means

Abstract

Sekolah Menengah Atas  merupakan salah satu  sekolah yang berlokasi di Kabupaten Tanjung jabung Timur, provinsi Jambi  yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan promosi, dimana salah satu hal yang sangat penting. Dalam kegiatan  promosi adalah menarik minat siswa untuk sekolah pada sekolah SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Algoritma Fuzzy C-Means merupakan satu algoritma yang mudah dan sering digunakan di dalam teknik pengelompokan data kerana membuat suatu perkiraan yang efsien dan tidak memerlukan banyak parameter. Beberapa penelitian telah menghasilkan kesimpulan bahwa algoritma Fuzzy C-Means dapat dipergunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan atribut-atribut tertentu. Pada penelitian ini akan digunakan algoritma Fuzzy C-Means untuk mengelompokkan dalam promosi Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini juga menguji tingkat akurasi  algoritma Fuzzy  C-Means  dalam penentuan jurusan pada Sekolah Menengah Atas. Penerapan algoritma Fuzzy C-Means dalam sistem informasi promosi Sekolah Menengah Atas  pada 9 sampel data siswa yang diuji  dalam penelitian ini menunjukkan bahwaAlgoritma Fuzzy C-Means memiliki tingkat akurasi yang kurang maksimal pada kasus ini (rata-rata  Hanya 50% ) .

References

Dias Pangastika, Monica (2013) Implementasi Fuzzy C-Means Untuk Clustering Data Dalam Sistem Informasi Promosi (Studi Kasus UKSW) , Juli 2013.

Gupta Karunesh & Manish Shrivastava (2012) Web Usage Data Clustering Using Improved Genetic Fuzzy C-Means Algorithm, Volume-2 Number-2 Issue-4 June-2012.

Kurniawan, Zuki SE.,M.Si. (2012) Analisis Sistem Sumber Daya Informasi, Vol. 6 Edisi 1 Desember 2012.

Setiawan, Indra (2013)Penerapan Metode Clustering Untuk Memetakan Potensi Tanaman Kedelai Di Jawa Tengah Dengan Algoritma Fuzzy C- Means, 2013.

Tyas, FeVin rantika & Indah Fitri Astuti (2015) Clustering Data PNS Status Tugas Belajar Dan Ijin Belajar Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (Studi Kasus : PNS Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur), Vol. 1 No. 2 Desember 2015.

Tri Hapsari, Ambar (2016) Pembangunan Model Pemilihan Peminatan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Dengan Algoritma Fuzzy C Means: Studi Kasus Sma Pgri 3 Jakarta, 2016.

Tiara Kusuma, Dine & Nazori Agani(2015 ) Prototipe Komparasi Model Clustering Menggunakan Metode K-Means Dan FCM untuk Menentukan Strategi Promosi : Study Kasus Sekolah Tinggi Teknik-PLN Jakarta, Vol. 3 No. 3 Mei 2015.

Wulandari & Tri ikajaya Kusuma (2016) Model Data Clustering untuk menentukan strategi promosi dengan Metode K-Means berbasis framework CodeIgniter: Studi Kasus Universitas Budi Luhur, Vol. 8 No. 1 Maret 2016.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Artikel