Aplikasi Game Tebak Aksara Karo Menggunakan Algoritma Runut Balik

Authors

  • Rocky Christmas Tarigan Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Romanus Damanik UNIKA Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v2i1.37

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas bagaimana menggabungkan kemajuan teknologi dengan sebuah kebudayaan daerah yaitu aksara karo. Dalam penelitian ini dibahas proses pengembangan sebuah game edukasi yang dapat membantu generasi muda karo untuk lebih tertarik belajar aksara karo dengan cara yang menyenangkan. Dalam membuat game edukasi dibutuhkan sebuah algoritma yang dapat bekerja dengan baik. Algoritma yang digunakan adalah algoritma runut balik (backtracking), algoritma ini akan mencari solusi berdasarkan ruang solusi yang ada secara sistematis namun tidak semua ruang solusi akan diperiksa, hanya pencarian yang mengarah kepada solusi yang akan diproses.

Author Biographies

Rocky Christmas Tarigan, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Mahasiswa

Romanus Damanik, UNIKA Santo Thomas SU

Dosen

References

Kusumadewi, 2003, Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya, Graha Ilmu, Yogyakarta

Rickyanto, 2002, Dasar Pemrograman Berorientasi Objek dengan Java 2 (JDK 1.4), Andi Yogyakarta,Yogyakarta

Raharjo, 2011, Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Penerbit Informatika, Bandung

Sutojo Dkk, 2010, Kecerdasan buatan, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan, Kecerdasan buatan. Di akses pada 06 juni 2014

http://id.wikipedia.org/wiki/Aksara, Pengertian Aksara. Di akses pada 06 juni 2014

http://arikokena.blogspot.com/2012/10/aksara-karo-pengantar.html, Aksara Karo. Diakses tanggal 08 juni 2014

http://utari-21.blogspot.com/2012/09/algoritma-backtracking-runut-balik.html, Algoritma Backtracking. Diakses Tanggal 13 Juni 2014

http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Stmik/2006-2007/Algoritma%20Runut-balik%20(bagian%201).pdf, Algoritma Runut balik. Diakses tanggal 15 Juni 2014

http://thesis.binus.ac.id/Asli/Bab2/2007-2-00207-IF-Bab%202.pdf, Sejarah Game. Diakse tanggal 13 Juni 2014

http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Karo, Suku Karo.Diakses tanggal 21 juli 2014

http://limamarga.blogspot.com/2012/03/marga-dan-sub-marga-suku-karo-no.html, Marga Silima. Diakses tanggal 21 juli 2014

http://id.wikipedia.org/wiki/Marga_Karo, Marga Karo.Diakses tanggal 21 juli 2014

http://unik.kompasiana.com/2012/02/04/tulisan-aksara-karo-436431.html, Penggunaan Aksara Karo. Diakses tanggal 12 Agustus 2014

Published

2017-08-01

Issue

Section

Artikel