Fanbase Event K-pop kota Semarang Orcaplan's Menggunakan implementasi Chatbot frame work RASA untuk layanan informasi

Authors

  • Birgitta Dittaswari A.D Universitas Stikubank Semarang
  • Saefurrohman Universitas Stikubank Semarang

Keywords:

Korean wave, Fanbase Kpop, chatbot, Telegram, API Telegram

Abstract

K-Pop terus populer di Indonesia dan Orcaplan's menggunakan chatbot untuk memberikan informasi tentang event kepada penggemar. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan pengumpulan data dari kpopers Semarang. Chatbot ini terhubung dengan Telegram untuk memberikan respon cepat dan berguna kepada pengguna. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang Orcaplan's dan chatbot akan memberikan jawaban sesuai dengan kata kunci. Metode pengujian Blackbox dan SUS digunakan untuk mengevaluasi responsivitas chatbot. Bot Orcaplans dapat menjawab pertanyaan umum terkait event. Penelitian ini berhasil mengimplementasikan Chatbot menggunakan Telegram API dan Google Collab.

References

Andysa, S. (2022). Mengenal System Usability Scale. Sis.Binus.Ac.Id.

Anwar, R. P., & Anwar, W. W. (2014). The Effect of Korean Wave on Young Generation and Creative Industry in Indonesia

ariskisaputri. (2019). Pengertian, fungsi dan cara menggunakan bot telegram. Https://Bukugue.Com/. https://bukugue.com/apa-itu-bot-telegram/

Brata, K. C., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 347-352

Craig Michael van Niekerk. (2021). Usable Security Heuristics for Instant Messaging Application Development C . M van Niekerk.

Kaghyan, S., Sarpal, S., Zorilescu, A., & Akopian, D. (2018). Review of interactive communication systems for business-to-business (B2B) services. IS and T International Symposium on Electronic Imaging Science and Technology, 2018-Janua, 1-11

Lyons, S. (2017). The Jakarta floods of Early 2014: Rising Risks in one of the World’s Fastest Sinking Cities. Liège Université, 1-18.

Muddimer, A., Peres, S. C., & McLellan, S. (2012). The Effect of Experience on System Usability Scale Ratings. Journal of Usability Studies, 7(2), 56-67.

Tsidylo, I. M., Samborskiy, S. I., Mazur, S. I. V., & Zamoroz, M. P. (2020). Designing a chatbot for learning a subject in a Telegram messenger. CEUR Workshop Proceedings, 2732, 1329-1340.

Umar, M. A., & Zhanfang, C. (2020). A Comparative Study Of Dynamic Software Testing Techniques. International Journal of Advanced Networking and Applications, 12(03), 4575-4584

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Artikel