Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Pada Tingkat SD Dengan Metode Computer Asisted Intruction (CAI)
DOI:
https://doi.org/10.17605/jti.v2i1.46Abstract
Abstrak Pembelajaran yang dilakukan saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran bersifat konvensional, dimana para guru hanya berdiri menulis di papan tulis kemudian siswa diminta mencatat dan menghafal materi yang disampaikan tadi. Pembelajaran seperti ini cenderung membuat para siswa jenuh, sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Sehingga para siswa kurang berprestasi, dan mereka cenderung lebih suka bermain-main dari pada mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas diperlukan teknologi komputerisasi yang memungkinkan permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu dengan cara memadukan fungsi perangkat komputer dengan manusia, maka dibuatlah media pembelajaran Matematika. CAI bergantung pada kecakapan pengembangan instruksional dan kemampuan komputer yang berbeda-beda. Beberapa sistem juga menggunakan media lain seperti film bingkai untuk memberi siswa bermacam-macam stimuli yang memungkinkan lebih banyak wawasaan dalam metode pembelajaran. Pembelajaran seperti ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa,References
Rusman Dkk, 2012, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta
Y.D Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin, 2008, Gemar Matematika 5, PT. Intan Pariwara, Jakarta
Eko Setiawan, Perancangan Media Pembelajaran, Pelita Informasi Budi Darma, 2301- 9425,Vol .VI, No. II, April 2014
Teguh Wahyono, 2006, 36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran , Diakses tanggal 2 April 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Matematik, Diakses tanggal 6 juli 2016
https://en.wikipedia.org/wiki/Flowchart , Diakses tanggal 31 Mei 2016