Implementasi Action Researh Model dalam Pengembangan Interaksi Skil pada Pasien Jatuh dengan menggunakan Konsep Edukasi Caring
DOI:
https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.659Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan edukasi berbasis caring pada pasien yang berisiko jatuh di Rumah Sakit Columbia Asia Medan dengan menggunakan model pendekatan action research. Action research model merupakan metode untuk memfasilitasi perubahan dengan membantu melibatkan sistem klien dalam proses diagnostik, pembelajaran aktif, penemuan masalah, dan penyelesaian masalah. Dalam penelitian ini digunakan data kejadian pasien jatuh yang bersumber dari Rumah Sakit Columbia Asia Medan. Kejadian pasien jatuh masih menjadi hal yang mengkhawatirkan pada seluruh pasien rawat inap di rumah sakit. Kejadian jatuh disebabkan oleh faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap reconnaissance diperoleh 5 tema yaitu pemahaman konsep resiko jatuh, upaya pencegahan jatuh, perbaikan sistem dan fasilitas pencegahan risiko jatuh, pemahaman konsep caring, upaya penerapan konsep caring pada edukasi untuk pencegahan jatuh. Sedangkan pada tahap reflecting diperoleh 2 tema yaitu pengalaman perawat dalam memberikan edukasi berbasis caring pada pasien yang berisiko jatuh dan respon pasien terhadap pemberian edukasi berbasis caring pada pasien yang bersisiko jatuh. Dengan adanya pengembangan panduan ini terdapat peningkatan pengetahuan perawat tentang caring, 100% pengetahuan baik dan peningkatan kepuasan pasien terhadap pemberian edukasi, 100% puas. Disarankan dengan adanya pengembangan panduan edukasi berbasis caring ini pada pasien yang berisiko jatuh ini, diharapkan panduan ini dapat dilaksanakan untuk dapat meningkatkan kepuasan pasien dan memberikan pelayanan edukasi yang berkualitas.References
P. Järvinen, “Action research as an approach in design science,†EURAM (European Acad. Manag. Conf., p. 16, 2005.
N. Talib, S. F. M. Yassin, and M. K. M. Nasir, “Teaching and Learning Computer Programming Using Gamification and Observation through Action Research,†Int. J. Acad. Res. Progress. Educ. Dev., vol. 6, no. 3, 2017.
C. Eden and F. Ackermann, “Theory into practice, practice to theory: Action research in method development,†Eur. J. Oper. Res., vol. 271, no. 3, pp. 1145–1155, 2018.
V. Thavavel, “Improving Computing Graduates Writing Skill using Constructivism based Blended Learning Model– An Action Research Study,†IOSR J. Res. Method Educ. Ver. I, vol. 5, no. 3, pp. 2320–7388, 2015.
T. J. Watson, “Industrial Sociology: Theory, Research and Teaching–Some Problems and Proposals,†J. Manag. Stud., vol. 16, no. 2, pp. 117–138, 1979.
Watson, “The practice of caring is central to nursing.†.
P. E. Medis, “Pelayanan Medis Sehari-Hari,†no. 29, 2004.
S. Hardjosoekarto, “Dual imperatives of action research : lessons from theoretical research practice to construct social development index by using soft systems methodology,†Hum. Resour. Manag. Res., vol. 3, no. 1, pp. 49–53, 2013.