Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Teladan Menggunakan Metode Simple Aditive Weighting (SAW)

Authors

  • Indah Lestari Universitas Labuhan Batu
  • Iwan Purnama Universitas Labuhan Batu
  • Mila Nirmala Sari Hasibuan Universitas Labuhan Batu

Keywords:

MTs Al Falah, Penetapan Siswa Teladan, Metode Pembobotan Aditif Sederhana (SAW)

Abstract

Untuk memotivasi siswa agar terus berprestasi, MTs Al Falah melakukan kegiatan pengembangan potensi siswa melalui penetapan siswa teladan. Namun, penentuan siswa teladan tidak didasarkan pada kemampuan akademik dan non-akademik, tetapi pada subjektivitas kepala sekolah dan guru. Sehingga banyak yang mengeluhkan keputusan pemilihan siswa teladan yang tidak tepat sasaran atau layak menjadi siswa teladan. Belum adanya sistem informasi yang mendukung penentuan siswa teladan di MTs Al Falah, Kurang tepat dalam menentukan siswa teladan di MTs Al Falah, sistem pendukung keputusan dalam Penentuan Siswa Teladan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah berdasarkan 5 kriteria, yaitu nilai pengetahuan, nilai keterampilan, pangkat kelas, ekstrakurikuler, nilai-nilai ekstrakurikuler. Hasil yang diperoleh nantinya berupa rangking siswa teladan. Metode Simple Additive Weight dapat membantu pihak sekolah khususnya dalam menentukan sejumlah persoalan mengenai pendidikan, salah satunya adalah menentukan siswa teladan. Karena metode ini merupakan metode pembobotan penilaian kinerja masing-masing alternatif.

References

F. A. Sianturi, T. Informatika, and S. Utara, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat,†Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/330.

H. A. Yudha, B. Yuwono, and F. R. Kodong, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus : Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum),†Telematika, vol. 7, no. 1, 2015, doi: 10.31315/telematika.v8i1.444.

Fricles Ariwisanto Sianturi, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SHIFT PEGAWAI (STUDI KASUS: RS.BHAYANGKARA TK.II MEDAN,†J. Inf. Komput. Log., vol. I, no. 2, pp. 43–47, 2019.

Fricles Ariwisanto Sianturi, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Guru Dengan Model Profile Matching Pada Sekolah Sma Swasta Raksana Medan,†Mantik Penusa, vol. 18, no. 2, pp. 44–52, 2015, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/43.

F. A. Sianturi, B. Sinaga, P. M. Hasugian, T. Informatika, and S. Utara, “Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 63–68, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/289.

F. A. S. Siti Yulia Rahma, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ALOKASI ANGGARAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMP NEGERI 3 SATU ATAP,†SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 32–39, 2019.

P. Soepomo, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Dengan Metode Promethee Studi Kasus Pamella Group Yogyakarta,†J. Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 264–278, 2014, doi: 10.12928/jstie.v2i1.2633.

F. A. Sianturi et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Perkreditan Anggota Koperasi ( Studi Kasus Pada Koperasi Kozero ),†Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 02, pp. 88–100, 2017.

Published

2021-07-05

How to Cite

Lestari, I., Purnama, I., & Hasibuan, M. N. S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Teladan Menggunakan Metode Simple Aditive Weighting (SAW). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(1), 106–110. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/1256

Issue

Section

Daftar Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.