Menentukan Penggunaan Tanaman Hortikultura menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Muhammad Rafli Afandi Putra Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asriyanik Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Analytic Hierarchy Process (AHP), Plant Selection, Decision Support System (DSS, Horticultural Crops

Abstract

Tanaman membutuhkan tempat dengan kondisi alam yang dapat memenuhi syarat tumbuh. Salah satu bagian alam yang berperan penting dalam pertumbuhan tanaman adalah iklim yang kondisinya tidak menentu dan terkadang berubah-ubah. Dampaknya adalah terjadinya perubahan lingkungan, dan beberapa hal yang terpengaruh adalah kesuburan tanah dan produktivitas tanaman. Sehingga hal ini menimbulkan permasalahan dalam menentukan penggunaan tanaman yang sesuai dengan kondisi iklim dan lahan tanam. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan penggunaan tanaman hortikultura merupakan alat bantu dalam memilih penggunaan tanaman hortikultura dengan kriteria pH tanah, suhu, curah hujan, dan juga tinggi tanah. Pengujian dilakukan dengan menggunakan data iklim Kota Sukabumi tahun 2020, dan kondisi lahan tanam. Dari hasil pengujian, alternatif pemeringkatan adalah cabai merah peringkat 1, timun peringkat 2, bawang merah peringkat 3.

References

H. I. Mifta Nur’aini, Mengenal Tanaman Hortikultura. Penerbit Duta, 2019.

S. Winarsih, Seri Sains Iklim. Semarang: ALPRIN, 2019.

E. Handayanto, N. Muddarisna, and A. Fiqri, Pengelolaan Kesuburan Tanah. Universtias Brawiajaya Press, 2017.

Y. Servina, “DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN STRATEGI ADAPTASI TANAMAN BUAH DAN SAYURAN DI DAERAH TROPIS,” J. Litbang Pertan., vol. 38, no. 2, pp. 65–67, 2019.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

M. H. K. Saputra and L. V. Aprilian, Belajar Cepat Metode SAW. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

T. D. Puspitasari, M. F. Nurul Jadid, and A. Trihariprasetya, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Holtikultura dengan Metode Fuzzy Sebagai Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan,” Konf. Nas. Sist. Inf., pp. 8–9, 2018.

Published

2023-02-01

How to Cite

Putra, M. R. A. ., & Asriyanik, A. (2023). Menentukan Penggunaan Tanaman Hortikultura menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 7(2), 238–245. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/2088

Issue

Section

Daftar Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.