Sistem Pendukung Keputusan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Toko Gypsum dan Platform Keshya Menggunakan Metode (SAW)
DOI:
https://doi.org/10.54367/means.v8i1.2636Keywords:
customer satisfaction, product quality, simple additive weighting (SAW) method, criteria alternative SPKAbstract
Kepuasan pelanggan gypsum dan platform di Toko Keshya merupakan hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan pelayanan. Karena dengan memberikan kepuasan lebih akan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang dan menarik lebih banyak pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, kualitas yang diberikan juga harus diperhatikan agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang telah diberikan kepada konsumen. Permasalahan dari penelitian ini adalah kurangnya informasi atau sistem untuk mengetahui kepuasan pelanggan dalam penjualan gypsum dan platform di Toto Keshya sehingga diperlukan sistem pengambilan keputusan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan konsep pengambilan keputusan menggunakan weighted summation. . Dalam menentukan kepuasan pelanggan telah ditetapkan beberapa kriteria yaitu, Kualitas Produk, Harga, Kualitas Layanan, Tanggung jawab dan kemudahan memperoleh barang. Hasil akhir penelitian ini diperoleh skor tertinggi nomor 1 atas nama Wualandari Coroline dan skor tertinggi kedua diperoleh atas nama Putri Asa dengan nilai 0,9235. Sistem pengambilan keputusan dapat digunakan sebagai standar untuk menentukan kepuasan pelanggan.References
Jangko, R., Hinelo, R., Maruwae, A., Panigoro, M., Mahmud, M., & Dama, M. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 86–95. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18684
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Sulistyawati, N. M. (2015). Kepuasan Pelanggan Restoran Indus. E- Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318–2332. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667
Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233
Mahrizon, D. (2022). Sistem Pengambilan Keputusan Kepuasan Pelanggan Bengkel Motor Berkah dengan Metode Simple Additive Weigthing. 9(5), 1460–1465. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.5018
Made, P., & Lestariyanti, D. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT . POS INDONESIA CABANG GIANYAR Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium. 4(2), 78–85.
Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233
Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Wibisono, A., & , S. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 6(2), 32. https://doi.org/10.24929/feb.v6i2.268
Hermanto, H., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Aneka Tata Niaga. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 11(01), 46–57. https://doi.org/10.52657/jiem.v11i01.1193
Katadata Insigh Center (KIC). (2021). kepuasan masyarakat terhadap pelayanan vaksin Covid-19. 6(1), 347–352.
Ramdani, M. L., & Nurmiati, S. (2019). Sistem Penunjang Keputusan Kepuasan Konsumen Pada PT. Lotte Shopping Indonesia Bogor. Sainstech: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi, 29(2), 43–49. https://doi.org/10.37277/stch.v29i2.338
Marsono, M., Boy, A. F., & Saripurna, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Toko Indomaret Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory (FAM). J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 3(1), 78. https://doi.org/10.53513/jsk.v3i1.198
B.F.T. Sopian, Ermatita,”Penerapan metode simple additive weighting (saw) pada sistem pendukung keputusan dalam pemilihan paket layanan internet”,Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya(SENAMIKA) vol.2 no.1,April 2021.
F. Sembiring, M.T. Fauzi,S. Khalifah, A.K.Khotimah, Y.Rubiati,”Sistem pendukung keputusan penerima bantuan Covid 19 menggunakan metode simple additive weighting (saw) ”.Jurnal Sistem Informasi dan Telematika,vol,11,no.2, Desember 2020,doi: 10.36448/jsit.v11i2.1563
T. Adriantama, Y. Brianorman,”Sistem Pendukung Keputusan dalam seleksi tempat tinggal (kost) mahasiswa dengan metode simple additive weighting(saw)”, Jurnal Digital Teknologi Informasi,vol.4,no.1, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.2645
G. Ginting, Mesran, Y.F.Manalu,”Penerapan metode Simple additive weighting dalam pemberian reward bagi pegawai honorer”,Prosiding seminar nasional riset dan information science (SENARIS),vol.3, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rio Rahmat Yusran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.