Aplikasi Kriptografi Database MySQL Menggunakan Metode Markel Helman

Authors

  • Ahmad Rifai STMIK Budi Darma Medan
  • Hery Sunandar STMIK Budi Darma Medan

Abstract

ABSTRAK Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyimpanan data, khususnya penyimpanan data pada Database yang didalamnya terdapat banyak ancaman dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Kriptografi merupakan metode dengan menyandikan isi informasi (plaintext) menjadi isi yang sulit atau bahkan tidak dipahami melalui proses enkripsi. Untuk memperoleh kembali informasi yang asli dapat dilakukan dengan proses dekripsi, yang tentunya dengan menggunakan kunci yang benar. Untuk melindungi akses data dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan tersebut maka sangat diperlukan enkripsi dan dekripsi. Agar dapat dilakukan dengan baik, dibutuhkan suatu algoritma untuk enkripsi dan dekripsi. Metode yang digunakan disini adalah Metode Merkle Hellman.

Author Biographies

Ahmad Rifai, STMIK Budi Darma Medan

Mahasiswa

Hery Sunandar, STMIK Budi Darma Medan

Dosen

References

Arius doni, “Pengantar Ilmu Kriptografiâ€. Penerbit Andi Publisher, Jakarta 2006.

Arby, “Manajemen Database Dengan Mysqlâ€. Penerbit Andi, 2010.

Darmayuda Ketut, “Pemrograman Aplikasi Database Dengan Microsoft Visual Basic. Net 2008†,Penerbit Elex Media komputindo.

Kadir Abdul, “Pengenalan Teknologi informasiâ€. Penerbit Andi, Jakarta 2006,

Sugiarti Y, “Analisis Dan Perancangan Unified Modeling Languange†, Penerbit Graha Ilmu, Jakarta 2014.

Syah Suhatman Surya, “Kamus Komputerâ€. Penerbit Rineka Cipta, Surabaya 2002.

Published

2016-12-18

How to Cite

Rifai, A., & Sunandar, H. (2016). Aplikasi Kriptografi Database MySQL Menggunakan Metode Markel Helman. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 1(2), 40–46. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/7

Issue

Section

Daftar Artikel

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.