Penyuluhan Public Speaking untuk KKM Veritas

Authors

  • Helena Sihotang Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Evelin Roma Riauli Silalahi Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Penyuluhan, , Public Speaking, Komunikasi, KKM Veritas, Unika Santo Thomas

Abstract

Diera digitalisasi ini, kesuksesan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan intelektualnya saja, namun juga kemampuan untuk komunikasi sehingga kemampuan intelektualnya bisa ter-transfer dengan baik. Jika ingin sukses, harus pintar ilmu komunikasi yang salah satunya adalah Public Speaking. Public Speaking adalah kemampuan untuk  berbicara di depan umum yang diperoleh dari  latihan, pengalaman, dan praktek. Tidak hanya di dalam peningkatan karir seseorang, namun  juga dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang akan mengalami momen di mana harus berbicara di depan umum. Untuk itu perlu dilakukan Penyuluhan Public Speaking. Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) Veritas adalah Kelompok kegiatan mahasiswa dibawah naungan Universitas Katolik Santo Thomas. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan Komunitas Veritas selama ini adalah: menyelenggarakan workshop karya ilmiah, latihan menulis, mengirim tulisan-tulisan anggota ke media cetak dan mengikuti lomba-lomba penulisan yang dilaksanakan pihak-pihak di luar Komunitas Veritas. Adapun rumusan masalah dalam kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman peserta penyuluhan tentang Public Speaking, bagaimana teknik Public Speaking yang baik. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Public Speaking, meningkatkan rasa percaya diri, mampu melakukan Public Speaking secara efektif. Sedangkan manfaatnya adalah peserta mampu menjelaskan teknik Public Speaking dan mempraktekkan teknik Public Speakingdengan baik . Dari hasil penyuluhan ini diperoleh kesimpulan bahwa peserta kurang memahami betapa pentingnya kompetensi Public Speaking, peserta kurang memahami dasar-dasar Public Speaking, elemen Public Speaking, dan Teknik presentasi yang baik.

Author Biography

Helena Sihotang, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

DeVito, Joseph A. 2009. The Essential Elements of Public Speaking. USA:Pearson.

Hakim, M. A. R. (2016). Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking Berbasis Communicative Language Teaching Bagi Mahasiswa Di Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 5 (3), 29–238. https://doi.org/10.1161/MHJ.V4I3.187.

Hasyim, M., & Irwan, w D. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja Dan Anak - Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. AJIE (Asian Journal Of Innovation and Entrepreneurship, 3 (2), 96 – 100. R etrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7813.

Sudarmono, Apuanor, Eva Utami. 2018. Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Public Speaking. Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit. Vol. 6, No.2, Juli - Desember 2018.

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles