Pelatihan Aplikasi MS SPSS dalam Pengolahan Data Skunder Penelitian bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Authors

  • Nawary Saragih Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Helena Sihotang Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Pelatihan Aplikasi MS SPSS, Pengolahan Data, Data Skunder Penelitian

Abstract

Hasil pelaksanaan pelatihan MS SPSS dalam  pengolahan data Skunder penelitian dengan menggunakan Aplikasi Komputer MS SPSS dilaksanakan sebagai pengabdian bagi  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan selama 4 hari, dimana 3 hari untuk Registrasi peserta sebanyak 112 orang, pelaksanaan pelatihan yang diadakan 1 hari yaitu pada hari Sabtu, tanggal 29 Oktober. pukul 10.00-12.00 Wib. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 62 orang. Perbedaan jumlah  Registrasi dengan jumlah peserta Pelatihan  adalah alasan klasik karena tidak memiliki Laptop. Melihat presentase hasil dari pelatihan pengolahan data kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan masih banyak kesulitan  dalam  mengolah data skunder penelitian menggunakan Microsoft SPSS. Demikian juga dalam membuat interpretasi dari output dari pengolahan data. Maka Pelatihan seperti ini masih perlu dilanjutkan untuk meningkatkan kualitas Tugas Akhir. Harapan lain dari pelatihan ini menambah penguasaan keterampilan mahasiswa dalam pengolahan data statistik untuk meningkatkan kualitas penelitian dan karya ilmiah (Skripsi) Mahasiswa.

Author Biography

Nawary Saragih, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

https://www.advernesia.com/blog/spss/pengertian-spss-statistika/

(http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/definisi-pengertian-pelatihan.html

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hadi, S. (2005). Statistik Jilid 2, Yogyakarta: Andi Offset.

Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Wibowo, A. E. & Djojo, A. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Edisi Ke Dua, Penerbit Gava Media,Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles