Penyuluhan Tentang Merubah Paradigma Saving Menjadi Investment di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Robinson Sipahutar Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Peran Simanihuruk Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Saut Purba Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Saving, Investment, Penyuluhan

Abstract

Pengenalan pasar modal pada kalangan generasi muda khususnya bagi mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa semester III Jurusan manajemen  dalam meningkatkan literasi keuangan untuk meningkatkan pengetahuan dalam berinvestasi. Pasar Modal merupakan sarana edukasi publik yang dapat mengubah paradigma masyarakat, terlebih mahasiswa dengan latar belakang jurusan manajemen,  dari saving society ke investing society. Hal ini dikarenakan, bahwa berinvestasi di Pasar Modal membuka peluang untuk berinvestasi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode seminar dengan jumlah peserta sebanyak 64 orang , dimana diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengenal budaya investasi dengan mengubah paradigma dari saving society menjadi investing society. Diperlukan pengetahuan yang cukup, pengalaman serta naluri bisnis untuk menganalisis efek-efek mana yang akan dibeli dalam melakukan investasi di pasar modal.  Kegiatan ini belum begitu mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kesadaran berinvestasi  di pasar modal sehingga masih diperlukan pembelajaran dan pelatihan se cara berkelanjutan dimana hal ini ditandai dengan hanya 1 orang peserta yang tertarik untuk membuka rekening efek.

References

Aldin, I. U. (2018). Investor Milenial Semakin Mendominasi Pasar Modal. https://katadata.co.id/berita/2018/12/27/investor-milenial-semakin-mendominasipasar-modal

Ali, A. (2011). Predicting Individual Investors’ Intention to Invest: An Experimental Analysis of Attutude as Mediator. International Journal of Economics and Management Enginerring, 5(2)..

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. http://www.kemenperin.go.id/download/18450

East, R. (1993). Investment decisions and the theory of planned behaviour. Journal of Economic Psychology, 14 (1993), 337-375.

Yang, X., et al. (2019). Developing and Validating a Theory-Based Model of Crowdfunding Investment Intention—Perspectives from Social Exchange Theory and Customer Value Perspective. Journal of Sustainability, 11(2525).

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles