Menciptakan Peluang Kewirausahaan pada Masyarakat Desa Lumban Binanga Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba
Keywords:
Peluang, Wirausaha, MasyarakatAbstract
Desa Lumban Binanga merupakan suatu tempat yang berada dikecamatan Laguboti di Kabupaten Toba. Mayarakat desa ini sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani. Pendidikan mereka juga sangat bervariasi, SD,SMP DAN SMA, hampir tidak ada yang Sarjana. Masyarakat di desa ini kurang mengetahui bagaimana memanfaatkan peluang kewirausahaan terlebih dengan bantuan tehnolgi .Mereka hanya menjual hasil pertanian dari rumah ke rumah saja dan sebagian ke pasar. Hasil pertanian di desa ini sangat bervariasi , seperti jagung, mangga, durian, coklat, dll. Mereka belum pernah mendapat penyuluhan tentang Kewirausahaan. Pada hakekatmya masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka, ketika mereka mau menciptakan peluang kewirausahaan mereka. Misalnya : mereka bisa menjual hasil pertaniannya lewat media social keluar desa bahkan keluar kabupaten. Mereka juga bias saling bertukar informasi barang dengan para petani lainnya dalam menjual hasil pertanian mereka. Kesemuanya ini pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian mereka. Dengan pelatihan dan penyuluhan yang diberikan mereka semakin mengerti bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam meningkatkan perekonomian. Metode kegiatan ini adalah penyuluhan dengan cara ceramah. Membagi-bagikan makalah kepada para peserta yang hadir sehingga mereka dapat membaca dan mendengar ceramah dengan baik. Penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi mereka agar mereka semakin mengetahui bagaimana Menciptakan Peluang Kewirausahaan Pembangunan perekonomian dapat dimulai dari rumah, tidak hanya harus menjadi karyawan pegawai disuatu kantor perusahaan. Setelah ceramah, dilakukan tanya jawab dengan peserta yang hadir . Dari hasil kegiatan dapat dilihat bahwa masyarakat, peserta ceramah di Desa Lumban Binanga ini sangat antusias dan tertarik dengan kegiatan ini. Hal ini kelihatan dari tanya jawab yang berlangsung selama kegiatan, mereka mengharapkan agara kegiatan ini berkesinambungan. Dari penyuluhan ini dapat disimpulkan bahwa para petani mulai mengerti tetang peluang berwirausaha dalam meningkatkan kesejahteran dan perekonomian mereka. ecaReferences
Bygrave dalam Widodo (2012), Teori dan Aplikasi Kewirausahaan, Pustaka Belajar, Jogyakarta
Dan Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA
https://eprints.ums.ac.id/16152/10/07
Kotler dan Keller (2012), Manajemen Pemasaran, Penerbit, Erlangga, Jakarta
Musyadar dan Gumilar, (2019), Kewirausahaan, Penerbit: Universitas Terbuka , Tangerang
Downloads
Published
2023-07-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 KAIZEN : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.