Pentingnya Penerapan Service Excellence di Perguruan Tinggi

Authors

  • Helena Sihotang Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nawary Saragih Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Evelin Roma Riauli Silalahi Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Service Excellence, Unika Medan, Pelatihan

Abstract

Meningkatnya jumlah Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia semakin berkembang. Perkembangan ini tentunya membawa hal positif ke masyarakat dimana akses pendidikan tinggi akan semakin mudah. Menurut laporan Statistik Indonesia, pada tahun 2021 terdapat 3.115 perguruan tinggi di Indonesia yang terdiri dari 2.990 unit merupaka Perguruan Tinggi Swasta dan 125 unit merupakan Perguruan Tinggi Negeri. Terdapat 1.489 unit di wilayah Sumatera dimana wilayah ini menjadi wilayah yang memiliki perguruan tinggi terbanyak dalam skala nasional. Dari sebaran yang ada di Sumatera, Provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi terbanyak yaitu 221 unit perguruan tinggi. Seiring dengan meningkatnya jumlah PT membuat persaingan semakin ketat termasuk dalam meyakinkan pengguna jasa PT yaitu mahasiswa. Perguruan tinggi sebagai penyedia jasa berusaha meningkatkan kualitas sehingga kuantitas secara merta akan meningkat juga.  Salah satu hal yang sangat penting yang perlu untuk diperhatikan dalam mengelola lembaga pendidikan ialah dengan memberikan pelayanan yang prima kepada para stakeholder. Jika Perguruan Tinggi tidak mampu memberikan pelayanan yang prima, maka akan terbangun opini publik yang negatif tentang Perguruan Tinggi tersebut sehingga peluang ditinggalkan masyarakat akan semakin besar. Sebagai penyedia jasa, Universitas Katolik Santo Thomas yang merupakan salah satu PT Swasta di Sumatera Utara dituntut untuk memberikan pelayanan yang ber-orientasi pada pelayanan prima (service excellence) sehingga kebutuhan pelanggan terpenuhi. Salah satu Tim yang wajib memahami penerapan Service Excellence adalah Usher Universitas.

Author Biography

Helena Sihotang, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media.

Judiari, Josina, 2010, Psikologi Konsumen, Buku Ajar. [4] Khairul Maddy, Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta:Chama Digit, 2009

Lukman Hakim, Mukhtar, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, (Jambi: Timur Laut

Aksara, Desember 2018), hlm 70.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima : Mencegah Pembelotan

dan Membangun Customer Loyality. Jakarta :Graha Ilmu.

Rizal Badudu, Service Excellent: Pelayanan Pelanggan yang prima oleh Perusahaan di

Indonesia, Jakarta: Buku Kompas, 2015, h.5.

Silviana Oktaferi Putri, . (2018) Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Pelayanan Publik Di Bagian Perizinan Penelitian Asing Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Sarjana Thesis, Universitas Negeri Jakarta.

Tjiptono, Fandi.2008. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: Andi.

Undang-undang Republik Indonesia no.20 tahun 20013 tentang Sistem Pendidikan

Nasional Pasal 1 ayat 1.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles