Pentingnya Penerapan Service Excellence di Perguruan Tinggi
Keywords:
Service Excellence, Unika Medan, PelatihanAbstract
Meningkatnya jumlah Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia semakin berkembang. Perkembangan ini tentunya membawa hal positif ke masyarakat dimana akses pendidikan tinggi akan semakin mudah. Menurut laporan Statistik Indonesia, pada tahun 2021 terdapat 3.115 perguruan tinggi di Indonesia yang terdiri dari 2.990 unit merupaka Perguruan Tinggi Swasta dan 125 unit merupakan Perguruan Tinggi Negeri. Terdapat 1.489 unit di wilayah Sumatera dimana wilayah ini menjadi wilayah yang memiliki perguruan tinggi terbanyak dalam skala nasional. Dari sebaran yang ada di Sumatera, Provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi terbanyak yaitu 221 unit perguruan tinggi. Seiring dengan meningkatnya jumlah PT membuat persaingan semakin ketat termasuk dalam meyakinkan pengguna jasa PT yaitu mahasiswa. Perguruan tinggi sebagai penyedia jasa berusaha meningkatkan kualitas sehingga kuantitas secara merta akan meningkat juga. Salah satu hal yang sangat penting yang perlu untuk diperhatikan dalam mengelola lembaga pendidikan ialah dengan memberikan pelayanan yang prima kepada para stakeholder. Jika Perguruan Tinggi tidak mampu memberikan pelayanan yang prima, maka akan terbangun opini publik yang negatif tentang Perguruan Tinggi tersebut sehingga peluang ditinggalkan masyarakat akan semakin besar. Sebagai penyedia jasa, Universitas Katolik Santo Thomas yang merupakan salah satu PT Swasta di Sumatera Utara dituntut untuk memberikan pelayanan yang ber-orientasi pada pelayanan prima (service excellence) sehingga kebutuhan pelanggan terpenuhi. Salah satu Tim yang wajib memahami penerapan Service Excellence adalah Usher Universitas.References
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media.
Judiari, Josina, 2010, Psikologi Konsumen, Buku Ajar. [4] Khairul Maddy, Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta:Chama Digit, 2009
Lukman Hakim, Mukhtar, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, (Jambi: Timur Laut
Aksara, Desember 2018), hlm 70.
Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima : Mencegah Pembelotan
dan Membangun Customer Loyality. Jakarta :Graha Ilmu.
Rizal Badudu, Service Excellent: Pelayanan Pelanggan yang prima oleh Perusahaan di
Indonesia, Jakarta: Buku Kompas, 2015, h.5.
Silviana Oktaferi Putri, . (2018) Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Pelayanan Publik Di Bagian Perizinan Penelitian Asing Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Sarjana Thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Tjiptono, Fandi.2008. Service Management : Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: Andi.
Undang-undang Republik Indonesia no.20 tahun 20013 tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 1 ayat 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KAIZEN : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.