SOSIALISASI MANFAAT MENJADI ANGGOTA CREDIT UNION DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN UMAT GEREJA WILAYAH 1 SANTO BONAFENTURA GEREJA SANTO FRANSISKUS ASSISI PADANG BULAN MEDAN

Authors

  • Nawary Saragih FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Helena Sihota FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Anggota, Credit Union, Kesejahteraan

Abstract

Credit Union, lazim disebut CU, merupakan salah satu tiang perekonomian dalam rangka pengentasan kemiskinan, sebab kegiatan yang terdapat dalam CU tersebut adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan anggota sehingga model CU sangat cocok dikembangkan. Untuk itu potensi keberadaan CU saat ini harus dikembangkan dan pemerintah harus melihat keberadaan CU menjadi suatu model dalam pengentasan kemiskinan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk umat di Wilayah 1 Santo Bonafentura yang  terdiri dari Lingkungan 1,2,3 dan 4 di Gereja Santo Fransiskus Assisi Padang Bulan Medan yaitu kepada Bapak/ Ibu yang ikut pada doa-doa lingkungan sebagai perwakilan dari setiap Rumah Tangga. Dimana tingkat pendidikan umat sangat beragam, mulai dari yang tidak tamat sekolah dasar sampai pada lulus Pasca sarjana. Bentuk kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah disertai makalah yang diberikan pada para Bapak/ Ibu rumah tangga yang hadir pada doa-doa lingkungan. Setelah ceramah dilakukan tanya jawab antara peserta dengan pemakalah. Hasil yang diperoleh dari penyuluhan ini adalah dapat menambah pengetahuan masyarakat terutama peserta penyuluhan dalam hal masuk menjadi anggota Koperasi yang dapat membatu dalam kesulitan keuangan keluarga dan memotivasi masyrakat untuk meningkatkan pengendalian keuangan keluarga, Bagi penyuluh sendiri merupakan salah perwujudan satu pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Author Biography

Nawary Saragih, FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Anoraga, P. & Widiyanti. (1993). Analisis Keberadaan Credit Union sebagai Lembaga

Pembiayaan Di Kelurahan Saribudolok Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun. Skripsi, Skripsi Hanna, M, A.

Carollina, M., & Sutarta, A. E. (2014). Peranan Credit Union Sebagai Lembaga Pembiayaan Mikro Studi Kasus: Pada Usaha UMKM Di Desa Tumbang Manggo Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2013. Modus, 26(2), 157-172.

https://investbro.id/credit-union/

https://koinworks.com/blog/mengajukan-pinjaman-koperasi/#3-Syarat-Mengajukan-Pinjaman-di-Koperasi

https://www.google.com/search=credit+union

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/20/164114169/upaya-mewujudkan-kesejahteraan-masyarakat.

Munaldus, Karlena, Y., Yohanes R.J.&Hendi, B.(2013). Hidup Berkelimpahan Bersama Credit Union, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Petebang, V.E., Dominikus, U., Maksi, M. dan Rinto, S. (2010). CU ala Kalimantan

Menggarami Dunia, Kompas, 14 Agustus 2010

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles