GEMAR MEMBACA DAN BERCERITA BAGI ANAK-ANAK LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) ANAK LIORA TERANG. DI SIMALINGKAR MEDAN

Authors

  • Elisabeth Simangunsong Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas
  • Imelda R. Purba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Roslinda Sagala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Abdonsius Sitanggang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Kristina Bangun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

gemar, membaca, bercerita, anak-anak

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mengambil tempat Lembaga Kesejahteraan sosial Anak (LKSA) Anak Liora Terang, Simalingkar Medan. Adapun judul pengabdian ini adalah Gemar Membaca Dan Bercerita Bagi Anak-Anak. Lembaga Kesejahteraan sosial Anak (LKSA) Anak Liora Terang merupakan suatu tempat yang menampung anak-anak korban bencana alam Sunami Nias yang  terdiri dari anak balita, remaja sampai anak yg dewasa. Mereka semua adalah anak yang kehilangan kedua orang tuanya dikarenakan bencana alam tsunami di Nias. Anak yang usia sekolah , tidak semua dapat mengenyam pendidikan dikarenakan keterbatasan dana. Anak-anak jarang sekali diberikan bahan bacaan ataupun buku cerita . Kita tahu bahwa dengan membaca buku sebenarnya akan menambah penegtahuan anak-anak.. Jumlah anak yang sekarang di Panti Asuhan ini sekitar 60 orang dengan 6 orang pendamping mereka. Membaca merupakan sebuah aktifitas yang sangat baik untuk mendukung perkembangan seseorang dalam memahami sesuatu. Dengan membaca akan memubuka jendela dunia. Membaca menambah wawasan dan khasanah pengetahuan. Menumbuhkan minat atau kegemaran dalam membaca diperlukan cara atau metode dan media dalam merealisasikannya. Cerita dan dongeng adalah hal pertama yang menarik bagi anak-anak khususnya di Taman Kanak-kanak (TK) untuk dibaca atau di bacakan (diperdengarkan). Para pendidik harus cerdas dan pandai dalam memilih tema-tema yang akan dibaca. Proses belajar membaca akan telaksana dengan baik bila media yang diguanakan menarik. Pengasuh bisa menggunakan media diantaranya; cerita bergambar, dongeng-dongeng yang mengandung nilai moral, kisah-kisah yang menarik dan memberi kesan gembira dan bahagia. Membangkitkan kegemaran membaca perlu tindakan nyata dan didukung oleh lingkungan yang kondusif.Dari penyuluhan ini dapat disimpulkan bahwa anak-anak Lembaga Kesejahteraan sosial Anak (LKSA) Anak Liora Terang sangat antusias dan  berharap kegiatan seperti ini dapat teru dilakukan secara perodik. Para pengasuh  sangat senang akan kegiatan ini dan merasakan manfaat yang sangat besar bagi anak2 LKSA. atan Med

References

Ash-ibyan:jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 No, 2.

Ejournal iahntp. Tampung-Penyang. Palangka Raya. Vol. XVII. No.1.

Fascho Kajian Pendidikan dan sosial Kemasyarakatan. Vol 1 No. 1.

Gunawan, D. I Gede. 2019. Cerita Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dinii, Denpasar

Hurlock, B. Elizabeth. 1972. Child Development. Fifth Edition. McGraw-Hill Book Company.

Irna. 2019 Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi

Keluarga, Jurnal Mitra, Jakarta Padang

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Praktik dan Pembelajaran). UNP Press, Wahyuni, Siti. Dkk.2021. Hubungan Metode Bercerita dengan Minat Belajar Anak Usia Dini

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles