PELATIHAN STRATEGI MEMAHAMI AUDIENS UNTUK GENERASI ALPHA

Authors

  • Helena Sihotang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Aryanto Tinambunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas
  • Mei Veronika Sri Endang Siagian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas
  • Ayu Teresia Hutauruk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas
  • Pani Romauli Elisabet Naibaho Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Memahami Audiens, Generasi Alpha, Pelatihan

Abstract

Komunikasi yang efektif adalah salah satu keterampilan utama yang dibutuhkan di pasar kerja yang terus berubah pada abad ke-21. Setiap individu dituntut untuk mampu ber-interaksi baik secara virtual maupun tatap muka. Salah satu bagian dari komunikasi yang efektif yang sangat penting dipahami adalah memahami audiens karena memahami audiens adalah inti dari komunikasi. Dengan dunia yang serba terkoneksi secara digital dan komunikasi berlangsung melalui berbagai platform digital, pemahaman terhadap audiens akan membantu untuk berkomunikasi lebih efektif dan relevan. Salah satu generasi yang paling banyak terkena dampak dari digitalisasi khususnya dalam komunikasi adalah Generasi Alpha. Istilah generasi alpha ditujukan pada anak yang lahir pada tahun 2010 sampai tahun 2025. Dengan kemampuan memahami audiens akan membantu Generasi Alpha membangun hubungan yang lebih bermakna dengan individu atau kelompok baik  di lingkungan digital maupun lingkungan non digital. Selain itu, juga akan meningkatkan empati dan sensitivitas terhadap audiens, meningkatkan kepercayaan dalam komunikasi karena pesan yang disampaikan menunjukkan perhatian terhadap kebutuhan audiens. Kemampuan ini juga akan membuat Generasi Alpha mampu menyampaikan pesan yang inklusif dan diterima di berbagai konteks.

References

Aristoteles. (350 SM). Rhetoric.

Common Sense Media (2021). The Common Sense Census: Media Use by Tweens and Teens.

HubSpot. (2023). State of Marketing Trends.

HubSpot. (2023). What is a Digital Audience?

Lucas, S. E. (2020). The Art of Public Speaking (13th Edition). McGraw Hill.

McCrindle, M. (2022). Understanding Generation Alpha: The Children of the 21st Century.

McKinsey & Company. (2021). Personalization in Digital Marketing: A Path to Growth.

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory (6th Edition). SAGE Publications.

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory (6th Edition). SAGE Publications.

Schramm, W. (1954). The Process and Effects of Mass Communication.

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles