MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR GENERASI Z

Authors

  • Esli Silalahi FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Donalson Silalahi FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Helena Sihotang FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Motivasi, Belajar, Generasi Z

Abstract

Dalam meningkatkan dan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi dan masa depan yang semakin kompleks dalam persaingan perlu dipersiapkan bekal pendidikan pada generasi-generasi sekarang terutama pada generasi Z (Gen Z), agar nantinya mereka ini bisa memajukan bangsa Indonesia menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Generasi Z merupakan sekelompok individu yang lahir dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2012. Generasi Z ini  sangat aktif dengan teknologi atau bisa disebut dengan net generation. Generasi Z sudah terbiasa dengan adanya teknologi semenjak generasi lahir. Smartphone, laptop, internet dan berbagai layanan yang disediakan oleh layanan internet seperti whatsapp, facebook, instagram dan beberapa layanan web untuk berbelanja telah ada saat generasi  Z lahir, sehingga generasi Z akan sangat mudah untuk mengakses segala sesuatu yang ada didalam inetrnet. Generasi ini cenderung malas, kurang senang tantangan senang dengan yang serba instan dan motivasi belajar kurang untuk itu perlu diedukasi bagaimana memunbuhkan motivasi belaja pada Generasi Z. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar Generasi Z khususnya pada mahasiswa Prodi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Semester III sehingga ketergantungan dengan tekhnologi dan kemandirian dapat ditingkatkan untuk membangun pola pikir yang lebih kritis  tanpa mengandalkan hanya dari kemajuan tekhnogi tetapi melakukan balance live. Dengan menumbuhkan motivasi belajar bagi generasi Z (Gen Z) diharapkan   generasi ini dapat  menjadi suatu pribadi yang mantap, yang secara mandiri dapat melaksanakan tugas hidupnya dengan baik, juga diharapkan kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang baik,kepribadian yang mantap dan anggota mayarakat yang mandiri.

References

Cindy Marisa. 2020. Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa Generasi Z dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah, Jurnal Guidance : Bimbingan dan Konsoling Volume 17 no 2

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi

Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta.

Hamalik,O.(2002) Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hamzah. B.Uno. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu S.P.Hasibuan, H.(2010). Organisasi dan Moptivasi. Jakarta: Bumi Aksara

Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. In Prosiding Seminar Nasional. Presented at the Psikologi Pendidikan

Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sihotang, H. ., & Sitompul, P. . (2024). Pengaruh Employer Branding Dan Work Life Balance Terhadap Turnover Intention Pada Generasi Z Di Kota Medan: Job Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 24(2), 271-284.

Stillman David., 2019. Generasi Z; Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama

Sudjana, N. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Wibowo, D. E., & Abdi, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan disiplin belajar Siswa. Guidance, Jurnal Bimbingan dan Konseling Volume 16 No 1

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2025-07-16

Issue

Section

Articles