Analisis Quality Of Service (QOS) Jaringan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pematangsiantar

Authors

  • Irwan Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Desinta Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

Dinas Komunikasi dan Informatika Pematangsiantar, Mikrotik, Qos (Quality of service), Analisis Jaringan, spss, regresi, corelasi

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Pematangsiantar bertugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, statistic dan persandian. Untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah Kota Pematangsiantar Diskominfo harus memberikan kualitas jaringan internet yang terbaik melalui kestabilan dan merata-nya jaringan pada seluruh wilayah Kota pematangsiantar. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis Sebagai langkah pertama untuk menjaga kualitas jaringan terbaik di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Pematangsiantar. Analisis jaringan dilakukan dengan menerapkan metode QoS Jaringan, dimana dengan metode Qos ini akan menjelaskan secara rinci analisis jaringan mulai dari througput, persentase packet loss, delay dan jitter dan besar bandwidth jaringan. Hasil analisis jaringan dengan metode Qos kemudian sebagai acuan untuk mencari solusi dan penyebab baik/buruknya suatu jaringan dengan melakukan analisis terhadap faktor diduga berpengaruh terhadap kualitas jaringan, dalam hal ini dilakukan dengan analisis Regresi dan corelasi.

Author Biography

Irwan Purba, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen

References

Abdullah, Tamam Asrori, M. (2014). Optimalisasi Bandwidth Dengan Filterisasi Menggunakan Mikrotik Routerboard. Journal Teknik Elektro, 4(2), 36–47.

Adani, M. R. (2021). Pengenalan Mikrotik Beserta Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap. Retrieved from https://www.sekawanmedia.co.id/apa-itu-mikrotik/

Budin, S., & Riadi, I. (2019). Traffic Shaping Menggunakan Metode HTB (Hierarchical Token Bucket) pada Jaringan Nirkabel. Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro, 1(3), 144.

Dhika, H., & Tyas, S. A. (2021). Quality of Services (Qos) Untuk Meningkatkan Skema Dalam Jaringan Optik. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 5(2).

Gonibala, N. dkk. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kitamobagu. Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01), 56–67.

Hanipah, R., & Dhika, H. (2020). Analisa Pencegahan Aktivitas Ilegal Didalam Jaringan Dengan Wireshark. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 4(1), 11.

Hidayat, R. M., Muchlis, R. D., & Badruzzaman, F. H. (2016). M Odel Eoq U Ntuk P Ermintaan B Ergantung W Aktu D Engan. 1(1).

Ilham, Y., & Dirgantara, I. M. B. (2020). Analisis pengaruh kualitas jaringan, kualitas layanan, kualitas informasi, keamanan dan privasi pada penyedia layanan internet terhadap kepuasan pelanggan dan dampak pada niat pembelian ulang. Diponegoro Journal of Management, 9(4), 1–7.

Iqbal, M., & Tambunan, L. (2021). Perancangan samba server menggunakan ubuntu server dan konfigurasi jaringan menggunakan routerboard mikrotik (studi kasus pt.mesitechmitra purnabangun), 5(1), 1–8.

Nurfitriana, E., Apriliah, W., Ferliyanti, H., Basri, H., & Ratnawati, R. (2021). Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt. Tricipta Swadaya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(1), 36–45.

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen Pendidikan: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS untuk Jumlah Sampel Kecil. International Journal of Social, Policy and Law (IJOSPL), 01(01), 111–122. https://ijospl.org/index.php/ijospl/article/view/64

siantar, S. p. (2021). Diskominfo Pematang siantar. Diambil kembali dari Diskominfo.go.id: https://diskominfo.pematangsiantar.go.id/.

Siddik.mohd. (2019). Analisis quality of service jaringan local area network menggunakan mikrotik routerboard750 Mohd . Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, V(2), 113–118.

Triastana Anang Wibawa, S. M. (2017, Oktober 28). QoS Pada Mikrotik. Diambil kembali dari binus.ac.id: https://binus.ac.id/malang/2017/10/qos-pada-mikrotik/

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Purba, I., & Purba , D. . (2023). Analisis Quality Of Service (QOS) Jaringan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pematangsiantar. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 4(2), 110–119. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAKIFIKOM/article/view/2439

Issue

Section

Artikel