Implementasi Algoritma C4.5 untuk memprediksi Penjualan Paket Internet

Authors

  • Armadani Simanjorang STMIK Kaputama
  • Akim M.H Pardede STMIK Kaputama
  • Siswan Syahputra STMIK Kaputama

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v6i2.4093

Keywords:

Algoritma C4.5, Prediksi Penjualan, Paket Internet, Pohon Keputusan

Abstract

Kebutuhan paket internet akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini membuat perusahaan telekomunikasi seperti telkomsel menghadapi tantangan dalam memprediksi penjualan paket internet. Prediksi yang akurat dapat membantu perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran dan penyediaan paket stok yang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi penjualan paket internet berdasarkan data penjualan dari PT. Golden Communication di kota Binjai. Preoses penelitian ini menggunakan algoritma C4.5 untuk membentuk pohon keputusan (Decision Tree) yang menghasilkan perhitungan entropy dan gain dari berbagai variabel seperti Paket, Harga, Masa Aktif dan Terjual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma C4.5 mampu memprediksi penjualan paket internet menggunakan aplikasi RapidMiner dengan tingkat akurasi sebesar 94,5 % dengan 200 data pengujian. Berdasarkan analisis yang dilakukan faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap penjualan paket internet adalah masa aktif,paket dan harga. Paket dengan masa aktif yang lebih pendek dan harga yang lebih murah cenderung lebih diminati konsumen.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Simanjorang, A., Pardede, A. M., & Syahputra, S. (2024). Implementasi Algoritma C4.5 untuk memprediksi Penjualan Paket Internet. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 6(2), 106–115. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v6i2.4093