Analisis Pola Penjualan Produk Di Grosir Olivia Shop Menggunakan Metode Frequent Pattern Growth ( Fp Growth )

Authors

  • Krisman Bu’ulolo Universitas Katolik Santo Thomas
  • Masdiana Sagala

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v7i1.4791

Keywords:

Grosir, Olivia Shop, Analisis Pola, Algoritma Fp- Grow

Abstract

Grosir adalah sebuah toko penjualan yang menyediakan berbagai produk  seperti beras, makanan siap saji, kebutuhan mandi, kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan perubahan besar di dalam manusia. Sehingga manusia menginginkan segala sesuatu yang serba otomatis, praktis, dan fleksibel, tetapi dari pertumbuhan yang pesat tersebut membuat akumulasi data itu menciptkan yang Namanya “ Rich of  data poor of information”, karena data yang terkumpul itu tidak dapat digunakan. Proses penjualan pada Toko Grosir Olivia Shop membuat data dengan transaksi yang biasanya cuman disimpan hingga masa yang cukup lama dan pada akhirnya akan dibuang, padahal data tersebut dapat dimanfaatkan juka dipergunakan sebaik mungkin dalam menyusun  rancangan pemasaran, karena dengan adanya informasi penjualan tersebut pihak grosir dapat mengetahui informasi penjualan produk apa saja yang sering terjual dan ada keterkaitannya. dari penjelasan tersebut peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian di Grosir Olivia Shop Menggunakan Metode Frequen Pattern Growth (Fp-Growth) untuk menganilisis apa saja produk yang saling berkaitan agar data penjualan di Grosir Olivia shop dapat dipergunakan untuk menemukan produk yang saling berkaitan sehingga dapat membantu pihak grosir dalam pemasaran produkk.

References

Basalamah, L. W., Ransi, N., & Aksara, L. B. (2017). Implementasi Algoritma Frequent Pattern Growth pada Aplikasi Retail BerbasiS Java Model View Controller (MVC). SemanTIK, 3(1), 67–80

Han, J., Pei, J., & Yin, Yiwen. (2004). Mining Frequent patterns without candidategeneration Simon Fraser University. Netherlands: Kluwer Academic.

Prasojo, M. (2011). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV Remadja Karya.I.

Triyanto, W. A. (2014). Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk. Journal SIMETRIS, Vol.5(No.2), 121 126.

Lemay L., Coburn R., Kyrnin J., (2016). Sams Teach Yourself HTML, CSS & JavaScript Web Publishing in One Hour a Day, Seventh Edition. Pearson Education, Inc. United States.

Meier, A., & Kaufmann, M. (2019). SQL & NoSQL Databases: Models, Languages, Consistency Options and Architectures for Big Data Management. Springer.

Syofian S., Damar A. A. (2020). Implementasi Algoritma First Come First Served Dan Haversine Pada Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Mobile. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X (1). pp. 31-40. ISSN 2088-060X.

Downloads

Published

2025-04-02

How to Cite

Bu’ulolo, K., & Masdiana Sagala. (2025). Analisis Pola Penjualan Produk Di Grosir Olivia Shop Menggunakan Metode Frequent Pattern Growth ( Fp Growth ). KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 7(1), 15–20. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v7i1.4791