Mengukur Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Pembimbing Tugas Akhir Menggunakan Metode Chi-Square
DOI:
https://doi.org/10.54367/kakifikom.v7iNomor%202.5794Keywords:
Layanan Bimbingan, Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Dosen Pembimbing, Chi-SquareAbstract
Layanan bimbingan tugas akhir dapat mempengaruhi proses kelancaran penyusunan tugas akhir. Kualitas bimbingan yang diberikan dosen pembimbing kepada mahasiswa merupakan salah satu indikator penting dalam pengerjaan tugas akhir. Kepuasan mahasiswa dapat di pengaruhi oleh kualitas layanan bimbingan yang diberikan dosen pembimbing, mulai dari kompetensi dosen, empati dan responsive, proses dan hasil akhir, yang dapat mempengaruhi mutu lulusan dan reputasi institusi. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen pembimbing tugas akhir di Universitas Katolik Santo Thomas. Data penelitian ini akan di kumpulkan melalui sistem yang dirancang khusus, dimana mahasiswa mengisi data diri dan menjawab pertanyaan terkait kepuasan bimbingan secara langsung di sistem. Aspek yang diukur meliputi, kompetensi, empati dan responsivitas, fasilitas, serta hasil akhir bimbingan. Data responden akan dianalisis menggunakan metode Chi-Square untuk mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dan tingkat kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian akan menunjukkan adanya beberapa aspek layanan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, sekaligus menunjukkan area yang memerlukan perbaikan. Hasil analisis ini diharapkan menjadi acuan bagi pihak universitas dalam meningkatkan mutu layanan bimbingan, sehingga dapat memberikan layanan bimbingan yang lebih optimal bagi mahasiswa akhir.References
H. Hamdani and A. Nursangaji, “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik,” J. AlphaEuclidEdu, vol. 1, no. 2, p. 155, 2020, doi: 10.26418/ja.v1i2.43414.
A. Nursangaji and H. Hamdani, “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Bimbingan Tugas Akhir,” J. AlphaEuclidEdu, vol. 1, no. 2, p. 181, 2020, doi: 10.26418/ja.v1i2.43416.
F. Sutariah, “Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, 2017, doi: 10.30998/formatif.v7i1.1372.
N. A. Barat, “Evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan pada akademi komunitas negeri aceh barat,” vol. 1, no. 3, pp. 88–100, 2024.
A. Barusman, Model Kepuasan Mahasiswa (A. Marantika, Ed.), Cetakan Pe. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021.
B. Kisworo, U. Utsman, I. Ilyas, and Y. Siswanto, “Kepuasan Mahasiswa dan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang,” J. Nonform. Educ. Community Empower., vol. 2, no. 2, pp. 150–156, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc
A. Wahab Hasbullah Sujono and H. Budi Santoso, “Analisis Kualitas E-learning Dalam Pemanfaatan Web Conference Metode Webqual,” J. Sains dan Teknol., vol. 9, no. 2, p. 27, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
1.png)





