Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Text dengan Menggunakan Algoritma Simetri TEA (Tiny Encryption Algorithm)

Authors

  • Tini Octaviani Purba STMIK Budi Darma Medan
  • Abdul Sani Sembiring STMIK Budi Darma Medan

Abstract

Keamanan data merupakan salah satu aspek terpenting dalam teknologi informasi. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, diharapkan informasi yang disajikan dapat terjaga keasliannya. Pada tugas akhir ini dibentuk suatu system yang mengamankan data dan informasi yang tersimpan pada computer dari gangguan para kriptanalis.Tahapan yang penulis lakukan untuk melakukan proses pembentukan sistem tersebut meliputi tahapan analisa permasalahan, algoritma dan flowchart beserta pemodelan struktur program dan desain antar muka aplikasi, sehingga aplikasi yang terbentuk menjadi mudah dipergunakan dan memiliki fungsi yang optimal. Dengan menggunakan Algoritma TEA yang merupakan algortim. Algoritma ini merupakan algoritma penyandian block cipher yang dirancang untuk penggunaan memori yang seminimal mungkin dengan kecepatan proses yang maksimal. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net 2008.

References

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

A. M. Hasibuan, “Rancang Bangun Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode AES Pada Smartphone,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 1, pp. 29–35, Jun. 2017.

A. W. Simatupang, “Aplikasi Pengamanan Data Gambar Dengan Menerapkan Algoritma Vigenere Chiper,†MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 2017. [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/26/tr44. [Accessed: 02-Feb-2020].

T. Limbong, “Pengujian Kriptografi Klasik Caesar Chipper Menggunakan Matlab,†no. Sept., vol. 2017, 2015.

M. Qamal, “Kriptografi File Citra Menggunakan Algoritma Tea (Tiny Encryption Algorithm),†TECHSI - J. Penelit. Tek. Inform., 2014.

R. N. Ibrahim, “PERANGKAT LUNAK KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI SIMETRI TINY ENCRIPTION ALGORITHM (TEA),†JURNAL COMPUTECH & BISNIS, 2019. [Online]. Available: http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/191/215. [Accessed: 02-Feb-2020].

R. Munir, “Algoritma Knapsack,†pp. 0–18, 2004.

M. T. Suryadi et al., “SMS Security System on Mobile Devices Using Tiny Encryption Algorithm,†IOP Conf. Ser. J. Phys. Conf. Ser., vol. 1007, p. 12037, 2018.

N. Nurdin, “IMPLEMENTASI ALGORITMA TEA DAN FUNGSI HASH MD4 UNTU ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DATA,†TECHSI - J. Tek. Inform., vol. 5, no. 1, 2013.

Published

2020-02-02

How to Cite

Purba, T. O., & Sembiring, A. S. (2020). Perancangan Aplikasi Pengamanan Data Text dengan Menggunakan Algoritma Simetri TEA (Tiny Encryption Algorithm). KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 1(2), 59–66. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAKIFIKOM/article/view/639

Issue

Section

Artikel